Loading...

Jadi Terobosan Baru di 2023, Diskopdagperin Roadshow Prokasi Abadi UMKM

 

KUNINGAN (OKE)-  Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan pada Senin (8/8/2023) menggelar kegiatan roadshow Program Kolaborasi Anjangsana dan Bina Edukasi UMKM  atau ProKasi ABadi UMKM.

Kegiatan ini dihelat di Sekretariat Komunitas UMKM Baraya Desa Margasari Kecamatan Luragung.  Acara dihadiri ole para pengusaha dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)  yang tergabung ada komunitas UMKM Baraya.

Sekadar informasi program ini merupakan salah satu inivasi Kepala Diskopdagperin Kuningan U Kusmana MSi. Ia melakukan terobosan itu pada awal tahun 2023.

Menurut Kusmana, pada program ini para pelaku UMKM diundang oleh pihak Diskopdagperin untuk memperoleh edukasi dan informasi, tetapi dengan inovasi Diskopdagperin bekerjasama dengan steakholder yang turun ke bawah dan jemput bola ke sekretariat komunitas-komunitas UMKM.

Adapun rangkaian kegiatan roadshow adalah pengukuhan Komunitas UMKM sebagian binaan Diskopdagperin.  Lalu, membahas informasi dan layanan pendampingan pendaftaran legalitas usaha seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), Sertipikat Pangan Industri rumah tangga (SPP-RT), Sertifikat Halal, dan lain-lain.

"Pembiaran informasi mengenai persyaratan dan tata cara mengajukan KUR 2023 dari narasumber yang berkompeten (Pormo SI Abank UMKM)," sebut mantan Kabag Barjas ini.

Lebih lanjut mengajak para pelaku usaha untuk memanfaatkan QRIS sebagai alternatif sistem pembayaraan non tunai di usaha masing-masing. Lalu, memperkenalkan produk-produk layanan keuangan lainnya yang dapat membantu pengembangan usaha UMKM di Kuningan.

Untuk poin selanjut adalah memberikan informasi manfaat BPJS Ketenagakerjaan bagi pelaku usaha. dan poin ke 8 mendengarkan aspirasi dan masukan dari pelaku UMKM dalam rangka meningkatkan pelayanan Diskopdagperin Kab. Kuningan yang lebih baik.

Dalam kegiatan tersebut, Diskopdagperin Kabupaten Kuningan berusaha memberikan edukasi  kepada para pelaku UMKM mengenai berbagai aspek yang dapat meningkatkan kualitas dan daya saing usaha mereka. 

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada pelaku UMKM untuk terus berkembang dan memperluas jangkauan bisnis mereka.

Kegiatan roadshow ini didukung oleh berbagai stakeholder Diskopdagperin yang selalu mengusung konsep Heksahelix-nya, hadir bersama Bank BJB Cabang Kuningan, PT. Pegadaian Cabang Kuningan, dan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cirebon. 

Dalam hal ini, para stakeholder tersebut berperan penting dalam menyediakan sumber daya dan dukungan yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka.

"Harapan saya kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi para pelaku UMKM" ujarnya lagi.

Kusmana  menyampaikan terima kasih kepada semua stakeholder yang telah mendukung kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Ia  selaku Kepala Diskopdagperin Kabupaten Kuningan, merasa sangat bangga dan bersemangat untuk meluncurkan ProKasi ABadi UMKM pada tahun 2023 ini.

"Hari ini kami melakukan roadshow yang perdana ke Komunitas Baraya di Luragung. Saya yakin bahwa kegiatan ini akan memberikan manfaat yang besar bagi para pelaku usaha UMKM di Kabupaten Kuninga," jelasnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini, dapat membantu para pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan untuk terus berkembang dan meningkatkan kualitas usahanya sehingga dapat bersaing dengan pelaku bisnis lainnya di tingkat lokal maupun nasional.

Pada kesempatan silaturahmi ini juga sekaligus menyerahkan SK Kadiskopsagperin tentang pengukuhan Komunitas  UMKM Baraya dan 23  Komunitas lainnya akan diberikan SK dan resmi menjadi binaan diskopdagperin.(rdk)-


Posting Komentar untuk "Jadi Terobosan Baru di 2023, Diskopdagperin Roadshow Prokasi Abadi UMKM "