Loading...

Pangkas Pohon Dekat Kabel PLN, Nyawa Caskam Nyaris Melayang


KUNINGAN (OKE)- Insiden warga tersengat listrik kembali terjadi di Kabupaten Kuningan. Kali ini TKP-nya berada di Dusun Kliwon Rt 28/03 Desa/Kecamatan Kadugede pada Senin (8/5/2023) pagi pukul 08.00 WIB.

Kejadian berawal dari Caskam (50) pekerja bangunan yang bekerja di rumah Ading. Di depan rumah Ading ternyata ada pohon mangga, korban berinisiatif memangkas pohon karena berdekatan dengan kabel utama PLN.

Proses pemangkasan awalnya berjalan lancar, namun pada saat akan mengambil ranting pohon, besi behel menyentuh kabel utama korban pun terpental dan mengalami luka bakar. Korban pun dilarikan ke RSUD 45 Kuningan.

Pasca korban tersengat listrik, pohon mangga terbakar. Warga setempat panik dan langsung melaporkan kejadian ini kepada pihak Damkar Kuningan oleh perangkat desa bernama Heryadi pada pukul 08.15 WIB.

Petugas Damkar tiba di lokasi pada pukul 08.30 WIB dan langsung melakukan pemotongan pohon yang menempel pada kabel PLN bersama dengan petugas PLN, warga dan pihak keamanan. Proses penanganan pun kelar pukul 09.30 atau 30 menit .

"Korban mengalami luka bakar 20 persen, dan alhamdulillah selamat. Kami harus berkoordinasi dengan pihak PLN pada saat penanganan karena kabel sutet," jelas Kepala UPT Damkar Kuningan Khadafi Mufti MSi. 

Pada kesempatan itu, Khadafi mengingatkan agar warga berhati-hati dalam melakukan penebangan pohon di dekat kabel PLN bertegangan tinggi dan harus berkoordinasi dengan pihak desa dan PLN setempat.

Kemudian, apabila terjadi kebakaran, segera laporkan ke kantor UPT Damkar Satpol PP Kabuapten Kuningan di No (0232)871113 & 081322698881. Layanan Gratis /tidak dipungut biaya apapun. (rdk)


Posting Komentar untuk "Pangkas Pohon Dekat Kabel PLN, Nyawa Caskam Nyaris Melayang"