Loading...

Tragis! Ahmad Tewas Terpanggang Api di Kamarnya


KUNINGAN (OKE)- Duka tengah menyelimuti keluarga  Karsih (60) warga Kampung Dukuh 2 Rt 01/03 Desa Dukuhmaja Kecamatan Luragung. Anaknya yang bernama Ahmad (41) meninggal dunia di kamarnya.

Korban terpanggang api ketika terjadi kebakaran pada Sabtu (9/7/2023) pagi pukul 09.20 WIB.  Korban yang menalami gangguan jiwa atau ODGJ tidak bisa keluar sehingga tewas di tempat.

Jenazah bari bisa dievakuasi pasca petugas Damkar Kuningan datangke TKP  pukul 10.25 WIB. Laporan sendiri masuk ke Damkar pukul 10.00 WIB. Proses pemadaman api sendiri beres pukul 12.30 atau butuh waktu 1,5 jam.

Pada saat ditemukan korban mengalami luka bakar 100 persen sehingga tidak bisa tertolong. Dugaan awal kebakaran bersumber dari puntung rokok yang dibuang korban pasca merokok. Di kamar korban sendiri banyak tumpukan barang yang mudah terbakar.

Menurut Kepala UPT Damkar Kuningan, Khadafi Mufti MSi, rumah yang terbakar adalah milik Karsih (60) yang didiami bersama anaknya Ahmad. Adapun ukuran luas bangunan 9 M X 6 M = 54 M2. Sedangkan luas bangunan yang terbakar 9 M X 6 M = 54 M2.

Dari keterangan tetanggana, bernama Karsad (66), sekitar pukul 09.20 WIB ia tengah berjalan di depan rumah dan melihat kepulan serta kobaran api dari kamar yang ditempati Ahamd.

Sontak ia bersama warga memanggil pemilik rumah tapi tidak ada yang menyahut. Warga sendiri pada saat itu sambil berusaha memadamkan api dengan alat seadaanya Bahkan ada warga yang nekad masuk ke dalam untuk mencari penghuni tapi tidak ada.

Ternyata Karsi tenga ada di sawah menggarap sawah, begitu ia mengetahui kabar langsung pulang ke rumah. Warga sendiri melalui Kades Rohaman menelpon Damkar Kuningan.

"Kami dalam memadamkan api dibantu oleh aparatd desa, Anggota Polsek Luragung berikut Kapolsek, Koramil,Inafis, Relawan RPMK , warga dan pemdes bahu membahu memadamkan api," ujar Khadafi 

Untuk jenazah langsung dibawa ke Puskes Luragung untuk dilakukan otopsi. Luka bakar yang diderita korban adalah 100 persen.

"Dari keterangan ibunya almarhum mengalami gangguna kejiawaan alias ODGJ. Untuk penyebab kebakaran diduga dari bekas puntung rokok yang dibuang sembarang oleh korban," sebut Khadadafi. 

Sementara pasca kebakaran korban tinggal sama anaknya. Akibat kejadian ini Karsih memerulkan bantuaan perbaikan rumah, makanan dan obat-obatan.

Mengenai jumlah kurgian kata Khadafi total sebesar Rp77,5 juta. Adapun rinciaanya adalah luas bangunan yang terbakar 9m×6m= 54m²  ditaksir ±54 m² × @ Rp.1.250.000 = Rp. 67,5 juta. Lalu, peralatan rumah tangga:  Ranjang, kasur, alat -alat dapur ditaksir ± Rp10 juta, dan terakhir  surat berharga : KTP, KK, sertifikat rumah dll. (rdk)


Posting Komentar untuk "Tragis! Ahmad Tewas Terpanggang Api di Kamarnya"