Loading...

LPTQ Bersinergi Menuju Kuningan Juara MTQ Tingkat Jabar

 

KUNINGAN (OKE) - Sebagai langkah persiapan untuk meraih prestasi MTQ ke-37 Tingkat Provinsi Jawa Barat yang akan dilaksanakan pada Bulan Maret tahun 2022 mendatang, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) melakukan Rapat koordinasi dengan Jajaran Pengurus LPTQ tingkat Kabupaten, kecamatan, Kementrian Agama, Baznas, dan Koordinator Dewan Hakim MTQ Kabupaten.

Rakor ini diselenggarakan oleh Bagian Kesra Setda Kabupaten Kuningan, bertempat di Ruang Rapat Purbawisesa, Kamis (16/9/2021).

Sekda Kuningan Dian Rachmat Yanuar, sekaligus Ketua LPTQ  Kabupaten Kuningan mengatakan, pertemuan saat ini selain sebagai wahana peningkatan silaturahmi sekaligus persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang  masih ada waktu 5 bulan kedepan.

Menurutnya, sisa waktu ini harus dipersiapkan segala sesuatunya lebih matang lagi, agar mampu meraih prestasi tiga besar.

Dalam rakoor ini dibahas juga, hal apa saja yang menjadi penyebab faktor ketidak berhasilan. 

Sekda Kuningan menuturkan, tentunya harus memperbaiki dan peningkatan. Baik dari teknis perekrutan dan pembinaan peserta, penyelenggaraan STQH/MTQ, penentuan dewan hakim, hingga anggaran penyelenggaraan.

“ Pada Rapat Koordinasi ini mari kita berdiskusi dan menyamakan persepsi bersama antara para camat dan ketua LPTQ Kecamatan Se-Kabupaten Kuningan agar pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Kuningan dapat menghasilkan yang terbaik untuk berlaga di Tingkat Provinsi Jawa Barat,”harapnya.

Sekda mengatakan, sebagaimna disampaikan Bupati Kuningan, menginginkan para Kafilah, Qori Dan Qoriah Mtq Kabupaten Kuningan berasal dari pituin asli Kuningan.

Beliau juga berharap dengan jumlah 405 pesantren yang terdata di Kabupaten Kuningan, termasuk di dalamnya ada 9 pesantren unggulan di tingkat nasional dapat melahirkan bibit unggul dan regenerasi emas yang baru.

“Untuk itu para camat dan ketua LPTQ dapat memaksimalkan keberadaan pondok pesantren di wilayahnya masing-masing untuk diorbitkan dalam kegiatan MTQ tingkat Kabupaten Kuningan,” ungkapnya.

Sementara itu,  Nunung Nurjati, Kabag Kesra Setda Kabupaten didampingi Kasubag Bina Mental dan Spritual, Wibawa Gumbira, Kuningan menerangkan Rakoor ini sebagai upaya membangun sinegisitas untuk Kuningan Maju (Makmur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023.

Selanjutnya, ada kabar baik LPTQ Kabupaten Kuningan berencana memiliki gedung sekretariat sendiri.

“Gedung ini dapat kita gunakan sebagai tempat berbagai kegiatan tekait pengembangan Al-Qur’an dan Syiar Islam. Semoga dapat terealisasi di tahun 2022 mendatang,”harapnya. (dhn)

Posting Komentar untuk "LPTQ Bersinergi Menuju Kuningan Juara MTQ Tingkat Jabar"