Loading...

Perguruan Pencak Silat Ranting Panglipur Cipancur Genap Berusia 1 Tahun Torehkan Banyak Prestasi

KUNINGAN (OKE)- Perguruan Pencak Silat Ranting Panglipur Cipancur, yang bertempat di Desa Cihaur Kecamatan Kalimanggis Kabupaten Kuningan. merayakan Hari Ulangtahunnya yang ke-1. Di laksanakan di Lapangan Sepak Bola Cipancur, Minggu ( 19/09/2021 )

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Kuningan Acep Purnama, Camat Kalimangis Yono Rahmansah, Kepala Desa Cipancur Ending Suhardi yang juga sebagai Pembina Silat Ranting Panglipur Cipancur, Ujang Haerudin Ketua Cabang Surangga Silat Panglipur Kabupaten Kuningan, para perwakilan padepokan silat dan undangan lainnya.

Acara berlangsung sejak pukul 13:00 dengan menampilkan kesenian pencak silat dan atraksi jurus ganda putra dan putri dari paguron Panglipur Cipancur mengekspresikan gerakan-gerakan silat yang indah dan tegas.

Bupati Kuningan dalam sambutannya menyampaikan ucapkan selamat ulang tahun yang pertama untuk perguruan pencak silat ranting panglipur cipancur. semoga perguruan pencak silat ini akan semakin maju, dan eksistensi nya kedepan semakin dirasakan oleh seluruh masyarakat kabupaten kuningan.

“saya juga berharap pencak silat terus dikembangkan dan mempertahankan prestasi yang sudah berjalan. Semoga atlet-atlet dari perguruan pencak silat cipancur ini juga dapat turut maju ke kejuaraan baik kabupaten, provinsi, bahkan nasional” ucapnya.

Selain itu dikatakan Bupati semoga melalui olah raga pencak silat nama Kabupaten Kuningan terangkat maka dari itu pemerintah daerah sangat mendukung dan bekerja sama dengan seluruh perguruan pencak silat di kabupaten kuningan.

Ujang Haerudin Ketua Cabang Silat Panglipur berpesan kepada seluruh pengemban ilmu-ilmu pencak silat bahwa harus dan wajib mengembangkan filosofi ilmu padi, kita bisa pencak silat tapi bukan untuk pamer, untuk ribut, tapi ributlah dengan jin dan syetan yang memusyrikan manusia, lawanlah hawa nafsu kita sehingga kita menjadi bibit-bibit yang unggul.

Kades Cipancur Ending Suhardi,  selaku pembina Silat Rantin mengatakan walau pancak silat Ranting Panglipur Cipancung baru berumur baru 1 tahun sudah menyumbangkan beberapa prestasi ini adalah ciri anak-anak Ranting Desa Cipancur bisa berprestasi.

Panglipur adalah penghibur, penghibur khususnya di seni pencak silat, silat bukan untuk ajang pamer tapi Silat Panglipur Cipancur bisa berkembang untuk " ngamumule" budaya silat yang ada di kabupaten kuningan.

Pada acara tersebut juga ada simbolis pemotongan tumpeng dan penyerahan secara simbolis matras untuk berlatih silat dari Kepala Desa Cipancur kepada salah satu pelatih silat bernama Rohidi. 

Rohidi adalah salah satu pelatih Silat Surangga Panglipur yang sudah pernah mengikuti International Pencak Silat Federation di tahun 2019. 

Demi kemajuan desa Cipancur Rohidi lebih memilih untuk melatih generasi penerus Silat Panglipur di Cipancur ketimbang untuk melatih di luar negeri.

Sebelumnya, Rohidi pernah di tawari untuk melatih di Perancis tapi sebelum keluar negara, ia ingin membesarkan Silat Panglipur mencetak generasi penerus barulah ia akan memperluas sayap ke luar negeri.(dhn)

Posting Komentar untuk "Perguruan Pencak Silat Ranting Panglipur Cipancur Genap Berusia 1 Tahun Torehkan Banyak Prestasi"