Loading...

Bina Insani Resmi Negeri, Bupati : "Saya Siap Berikan Penyediaan Lahan Untuk Pembangunan SLB Negeri Baru di Kuningan"

KUNINGAN (OKE) - Bupati Kuningan hadiri Peresmian Alih Status SLB Bina Insani Kabupaten Kuningan yang sebelumnya SLB Swasta menjadi SLB Negeri di Lingkup Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

selain itu, ada 2 SLB lainnya yaitu SLB Tanjungmedar Kabupaten Sumedang dan SLB Sindangsari Kabupaten Ciamis yang diresmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dedi Supandi, kegiatan tersebut di pusatkan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Bina Insani, Desa Kalimanggis Kulon Kecamatan Kalimanggis, Jumat (17/09/2021).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan tiga Prasasti oleh H. Dedi Supandi, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan disaksikan langsung oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, di dampingi Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Provinsi Jawa Barat, Ester Miori Dewayani,  Sekretaris Disdikbud Muhammad Mutofid Kepala Bidang Pembinaan PAUD-DIKMAS, Elon Carlan.

Dalam kesempatan ini, Bupati menyampaikan, kerjasama pengembangan sekolah luar biasa di Kabupaten Kuningan termasuk menjadi skala prioritas yang tetap harus yang dilakukan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Dinas Pendidikan maupun dengan cabang Dinas Pendidikan yang menangani secara teknis.

“Saya sampaikan kepada semua yang hadir bahwa saya cita-citakan keberadaan SLB di Kabupaten Kuningan harus tersedia paling tidak di setiap Kecamatan" Ungkap Bupati.

Untuk itu Bupati menyampaikan, kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat apabila berkenan Kecamatan-kecamatan di Kabupaten  Kuningan yang belum memiliki SLB ia siap untuk memberikan dukungan termasuk penyediaan lahan milik pemerintah untuk pembangunan penambahan SLB Negeri baru.

Selanjutnya, pihaknya berpesan kepada tiga SLB yang diresmikan untuk mengoptimalkan kesempatan yang diberikan oleh pemerintah, dan khusus untuk SLB Bina Insani harus lebih bisa menunjukkan peningkatan kualitas diberbagai bidang guna tercapainya layanan pendidikan khusus yang paripurna.

"Kepercayaan yang diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat kepada kami mudah-mudahan membawa keberkahan bagi kemajuan pendidikan di Kabupaten Kuningan terutama pendidikan bagi anak-anak yang kurang beruntung secara fisik maupun mental,” harapnya.

Kadisdik Jabar Dedi mengutarakan bahwa di tahun ini ada penambahan 5 sekolah Negeri , yaitu SMA di Subang dan 4 SLB lainnya.

“jadi memang konsep inovasi yang kita lakukan dengan cara cepat melakukan pola integrasi dan revitalisasi. Hari ini integrasi dari swasta ke negeri adalah salah satu Langkah percepatan, daripada kita melakukan pembebasan lahan dll.” tuturnya.

Kepala Bidang PKLK Dinas Pendidikan Provinsi Jabar Deden Saepul Hidayat, menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak terlepas dari Visi Misi pak Gubernur dalam rangka inovasi dan kolaborasi meningkatkan mutu layananan pendidikan.  

Menurut peraturan gubernur didorong untuk memberikan kesempatan kepada sekolah-sekolah yang dikelola masyarakat untuk dialihkan statusnya menjadi sekolah negeri.

Hadir pada acara Dedi Supandi, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Provinsi Jawa Barat, Ester Miori Dewayani, Sekretaris Disdikbud  Muhammad Mutofid,Kepala Bidang Pembinaan PAUD-DIKMAS,  Elon Carlan, serta undangan lainnya. (dhn)

Posting Komentar untuk "Bina Insani Resmi Negeri, Bupati : "Saya Siap Berikan Penyediaan Lahan Untuk Pembangunan SLB Negeri Baru di Kuningan""