Loading...

Ini Kabar Terbaru Perkembangan Revitalisasi Pasar Rakyat Darma

 


KUNINGAN (OKE)- Pada Kamis  13 Juli 2023  Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan U Kusmana MSi didampingi Kepala Desa Darma Yadi melakukan monitoring Progress Revitalisasi Pasar Rakyat Darma.

Saat ini pembangunan pasar memasuki tahapan Pembangunan Kios Pasar Darurat.Lokasi pembagunan  kios bertempat di Lapangan Desa/Kecamatan  Darma.

Sekadar informasi revitalisasi pasar tradisional di Kabupaten Kuningan terus dilakukan oleh Pemkab Kuningan.Setelah Pasar Ciniru, kini yang akan direvitalisasi adalah Pasar Darma Kecamatan Darma.

Revitalisasi ini untuk menciptakan suasana pasar yang aman, nyaman,bersih serta tertata rapih. Dari kabar bangunan pasar akan dibangun dua lantai dengan total ruangan adalah 45.

Program revitalisasi dilakukan oleh Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan melalui Dana tugas pembangunan Kementerian Perdagangan RI akan melakukan kegiatan Revitalisasi Pasar Darma Kecamatan Darma.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama SH MH kemudian memberikan sosialisasi kepada para pedagang terkait pembangunan Revitalisasi ini agar para pedagang mengerti akan manfaat yang akan di rasakan di kemudian hari. Rabu (31/5/2025) bertempat di Balai Desa Darma Kecamatan Darma.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan, U. Kusmana, S.Sos., M.Si, bersama jajaran, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Darma, kepala Desa Darma dan perangkat Desa.

Pada laporannya, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan, U. kusmana menyebutkan bahwa kegiatan ini bertujuan agar keberadaan Pasar Darma menjadi tertata rapi sehingga jauh dari kesan kumuh dan becek.

Hal itu membuat pasar rakyat yang dapat dikunjungi semua orang tanpa melihat batasan umur baik tua maupun muda, memberikan konsep yang modern pada tempat, fasilitas dan kontruksi bangunannya dan menambah ruang usaha bagi masyarakat sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, yang berimbas dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Selanjutnya U. Kusmana menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan ini di rencanakan pada bulan Juli dan selesai selama 150 hari kalender. Adapun yang akan di bangun pasar Darma berbentuk 2 lantai dengan total 45 ruang bangunan revitalisasi yang terdiri dari kios, toilet, kantor pengelola, ruang laktasi dan blok pujasera.

Pada arahannya kepada sejumlah pedagang di Pasar Darma, Bupati Acep mengatakan bahwa saat ini daya saing, keberadaan dan peran pasar rakyat mengalami penurunan seiring dengan pesatnya perkembangan ritel atau toko modern.

“Tak bisa disangkal lagi, bahwa akhir-akhir ini sebagian masyarakat sudah meninggalkan pasar rakyat karena pasar rakyat identik dengan becek, kusam dan kumuh, sebagian mereka berpaling ke pusat perbelanjaan atau toko modern yang bersih dengan menyediakan fasilitas keamanan dan kenyamanan dalam berbelanja,” ujar Acep.

                                 

Lebih lanjut Acep menjelaskan bahwa dengan adanya revitalisasi pasar ini diharapkan mampu menarik kembali konsumen supaya mau belanja ke pasar rakyat .

“Dengan makin ramainya pasar, omzet pedagang akan naik dan kesempatan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) akan berkembang semakin luas.

Program revitalisasi inipun untuk mengubah paradigma masyarakat terhadap pasar rakyat yang tak aman dan tak nyaman untuk berbelanja” tutur Acep.

Untuk itu Acep meminta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat terutama pedagang pasar Darma yang terkena dampak program revitalisasi ini agar dapat mendukung kegiatan revitalisasi.

“Saya yakin akan karakter urang darma yang selalu taat, patuh dan selalu mendukung program pemerintah, karena program ini demi kebaikan para pedagang khususnya dan kabupaten kuningan pada umumnya” Tutup Acep.

Untuk di ketahui bersama, bahwa selama proses Revitalisasi ini berlangsung, para Pedagang akan berjualan di depan Kantor Kepala Desa Darma agar proses perniagaan tetap di laksanakan, sehingga para pedagang tetap mendapatkan penghasilan(rdk)

Posting Komentar untuk "Ini Kabar Terbaru Perkembangan Revitalisasi Pasar Rakyat Darma"