Loading...

Hebat, Kuningan Raih Penghargaan Pasar Tertib Ukur 4 Tahun Berturut-turut

KUNINGAN (OKE)-Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kabupaten Kuningan melalui UPTD Metrologi Legal Kabupaten Kuningan mendapat penghargaan dari Direktorat Metrologi, Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Penghargaan itu  dalam kategori Pasar Tertib Ukur Tahun 2020 dan 2021.Adapun, pasar tersebut adalah Pasar Baru (Tahun 2020) dan Pasar Cibingbin (2021). 

Sebelumnya, Kabupaten Kuningan juga telah menerima penghargaan Pasar Tertib Ukur pada Tahun 2017 dan 2018.

Hal ini menunjukkan bahwa Kabupaten Kuningan telah berhasil mempertahankan predikat Pasar Tertib Ukur selama 4 tahun berturut-turut.

Pasar Tertib Ukur adalah program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat danPemerintah Daerah sebagai upaya untuk memberikan jaminan kebenaran hasil pengukuran dalam mewujudkan tertib ukur di Indonesia. 

Penghargaan Pasar Tertib Ukur diberikan dalam rangka untuk mengapresiasi pemerintah daerah yang telah berperan aktif dalam penyelenggaraan kegiatan metrologi legal. 

Adapun aspek penilaian Pasar Tertib Ukur yaitu pasar yang memiliki lebih dari 70% alat ukur, alat takar, alat timbang, dan alat perlengkapan yang bertanda tera sah berlaku.

Bupati Kuningan didampingi Kepala Diskopdagperin-U. Kusmana, S.Sos., M.Si sanga bersyukur, dan berterimakasih kepada Kementerian Perdagangan RI yang telah mengapresiasi Kabupaten Kuningan dengan predikat Pasar Tertib Ukur,

Bupati mengatakan, dengan adanya Pasar Tertib Ukur ini menjadi langkah awal Kabupaten Kuningan untuk mewujudkan Daerah Tertib Ukur.

Sehingga lanjut bupati dapat meningkatkan peran perlindungan konsumen khususnya dalam hal menjamin kebenaran hasil pengukuran di wilayah Kabupaten Kuningan serta dapat mendorong pasar-pasar lain untuk mendapatkan predikat tersebut.

Bupati Acep juga menambahkan upaya perlindungan konsumen ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dalam bertransaksi sehingga mempercepat pertumbuhan ekonomi di wilayah Kabupaten Kuningan.

Hal ini  sejalan dengan salah satu misi Kabupaten Kuningan yaitu untuk mempercepat pertumbuhan serta pemerataan ekonomi rakyat.

Posting Komentar untuk "Hebat, Kuningan Raih Penghargaan Pasar Tertib Ukur 4 Tahun Berturut-turut"