Loading...

Taman Nasional Gunung Ciremai Kedatangan 7 Satwa Baru

KUNINGAN (OKE)- Kawasan hutan tidak hanya menjadi penyangga kehidupan manusia yang ada di sekitarnya, namun juga rumah bagi tumbuhan dan satwa liar. Keberadaan tumbuhan dan satwa liar ini yang menjaga keseimbangan salah satu ekosistem hutan. 

Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) merupakan hutan konservasi yang menjadi habitat tumbuhan dan satwa liar endemik Jawa Barat. Tak hanya menjadi lokasi tujuan pelepasliaran satwa liar lingkup wilayah Cirebon, Kuningan dan Majalengka namun juga seserahan satwa liar dari kota besar DKI Jakarta. 

Melalui Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta sebanyak 7 (tujuh) satwa yang terdiri dari jenis Landak Jawa (Hysterix javanica) sebanyak 1 (satu) ekor, Kukang Jawa (Nycticebus javanicus) sebanyak 1 (satu) ekor,.

Selain itu, juga  Musang Pandan (Paradoxurus hermaphroditus) sebanyak 2 (dua) ekor dan Kucing Hutan (Felis bengalensis) sebanyak 3 (tiga) ekor.  Satwa tersebut merupakan serahan masyarakat yang kemudian direhabilitasi di Pusat Penyelamatan Satwa  (PPS) Tegal Alur. 

Pelepasliaran satwa liar akan dilakukan pada tanggal 3 November 2022 di wilayah kawasan TNGC lingkup Seksi Pengelolaan TN Wilayah II Majalengka yang berada pada ketinggian 1.450 mdpl. 

Adapun tutupan lahan berupa tutupan hutan alam campuran dengan jenis-jenis pohon khas hutan pegunungan yang dapat dijumpai yaitu Masawa (Anisoptera sp.), Saninten (Castanopsis argentea), Pasang (Lithocarpus sp.), Beunying (Ficus fistulosa), serta Walen (Ficus ribes). 

Pada lokasi juga dijumpai Pinus (Pinus merkusii), Kaliandra merah (Calliandra calothyrsus) dan Kaliandra putih (Calliandra tetragona). Berdasarkan kondisi ekologinya, lokasi yang dituju merupakan habitat bagi satwa liar yang akan dilepaskan. 

Hasil pemeriksaan yang telah dilakukan oleh dokter hewan, satwa liar dalam kondisi yang sehat dengan kondisi fisik normal, tidak ada gejala penyakit dan sifat alami yang siap untuk dilepasliarkan.

Maman Surahman, Kepala Balai TN Gunung Ciremai memberikan apresiasi terhadap upaya berbagai pihak dalam penyelamatan satwaliar. 

“Kami berharap dengan bertambahnya penghuni baru akan memberikan keseimbangan ekosistem yang baik bagi komunitas yang ada di habitat TN Gunung Ciremai, terutama bagi penyangga kehidupan manusia yang ada di sekitarnya. (dhn/rdk)


Posting Komentar untuk "Taman Nasional Gunung Ciremai Kedatangan 7 Satwa Baru"