Loading...

Juru Parkir Diberikan Surat Tugas , Cilimus Jadi Percontohan Tertib Administrasi Agar Bisa Dongkrak PAD


KUNINGAN (OKE)- Pemkab Kuningan fokus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Salah satunya dari sektor pajak dan retribusi parkir. Agar tidak terjadi kebocoran maka harus tertib administrasi.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan  memberikan surat tugas, indentitas parkir, seragam dan karcis parkir. Hal ini dilakukan Pemkab Kuningan di Alun-alun Cilimus pada Rabu (10/1/2024).

Seperti diketahui dalam Perda No 1 tahun 2024 tentang pajak daerah dan retribusi daerah yang mengatur tentang pendelegasian kewenangan pengelolaan fiskal, dimana Pemda Berwenang menetapkan pajak daerah dan retribusi sebagai sumber pendapatan asli daerah untuk membiayai penyelenggaraan pemerintah dalam memberikan pelayanan publik.

"Pemberian surat tugas dan indentitas parkir ini sebagai langkang untuk tertib administrasi yang berkontribusi langsung kepada PAD," ujar Pj Bupati Kuningan Dr Iip Hidajat.

Diterangkan, sejalan dengan Perda tersebut bahwa peran petugas parkir merupakan pahlawan PAD yang legal. Dengan administrasi legal maka aturan biaya parkir lebih jelas dan pemasukan ke PAD jelas. 

"Cilimus menjadi percontohan, dimana semua  harus tertib administrasi, sehingga dengan aturan yang benar maka akan berjalan lancar," tambahnya. 

Ditempat yang sama Kabid Prasarana dan Perparkiran Dishub Kuningan Khadafi Mufti, kegiatan hari ini merupakan survei potensi parkir yang telah bermitra dengan Pemda Kuningan melalui Dishub.

"Pasca ditertibkannya Perda No 1 tahun 1 2024 , kita berharap tertib administrasi ini akan mendongkrak  PAD. Nanti pemasukan ke desa ada , ke pemda ada, dan juga pengelola juga ada, yang tujuannya untuk pelayanan kepada masyarakat melalui program dan kegiatan," tandas mantan Kepala UPT Damkar Kuningan.

Sementara itu, Tono Jordania (56) salah satu petugas  parkir yang  menerima surat tugas, menyambut dengan penertiban parkir ini.  Dengan adanya surat maka masyarakat akan memandang juru parkir sebagai petugas resmi.

"Kan kalau resmi mah warga akan merasa nyaman kami juga begitu. Terima kasih kepada pak Pj Bupati Kuningan dan juga Dishub Kuningan," ucapnya.(rdk)

Posting Komentar untuk "Juru Parkir Diberikan Surat Tugas , Cilimus Jadi Percontohan Tertib Administrasi Agar Bisa Dongkrak PAD "