Loading...

Selain Bangunan Rumah, Dua Mesin Fotocopy Ikut Terbakar, Kerugian Rp730 Juta


KUNINGAN (OKE)-Hasil pendataan UPT Damkar Kuningan terkait insiden kebakaran di Dusun Manis Rt 02/03 Desa/Kecamatan Subang ternyata kerugiannya mencapai Rp730 juta.

Insiden kebakaran rumah yang dijadikan tempat usaha sendiri terjadi Rabu (10/1/2024) pada pukul 18.00 WIB. Petugas Damkar Kuningan tiba pukul 21.15 WIB atau butuh waktu 1 jam dari sejak laporan masuk.

Menurut Kepala UPT Damkar Kuningan Andri Agra Kusumah, bangunan milik H Mansur (64) yang terbakar berukuran 12 M X 20 M = 240 M2. Bangunan terdiri dari 2 lantai.

"Insiden bermula ketika tiba-tiba aliran listrik padam. Pak Mansur melihat api sudah membakar lantai bawah dan merembet ke lantai 2 serta ruang tengah," ujar Andri.  

Diterangkan, disaat menunggu petugas Damkar tiba, warga yang dibantu santri Al-Istikhomah bahu membahu memadamkan api dengan peralatan sederhana sambil menunggu bantuan mobil pemadaman tiba.

"Selama satu jam api baru dapat dipadamkan setalah dibantu oleh Anggota Polsek, Koramil, Satpol PP dan perangkat desa dan diduga api berasal dari arus pendek," ujarnya. 

Rumah sendiri lanjut Andri dihuni oleh dua orang. Akibat insiden ini korban sementara waktu tinggal bersama saudaranya. 

Mengenai jumlah kerugian adalah Rp730 juta dengan rincian  yakni Rp480 juta untuk bangunan 20 M2 X 12 M2 X 12 M2.Sedangkan alat rumah tangga sebesar Rp259 juta yang terdiri dari alat rumah tangga, tempat tidur, kursi, frizer, mesin fotocopy 2 unit, mesin cuci 2 buah, dan tabung tabung dengan kerugian Rp250 juta.

" Yang menjadi kendala kami, karena jarak antara Mako Damkar ke Subang cukup jauh, sehingga perjalan cukup lama untuk tiba di lokasi," pungkasnya.(rdk)


Posting Komentar untuk "Selain Bangunan Rumah, Dua Mesin Fotocopy Ikut Terbakar, Kerugian Rp730 Juta"