Loading...

Kades Kertayasa Sebut Pengangkatan Perangkat Desa Harus Sesuai Aturan, Warga Antusias Antar Calon

 

KUNINGAN (OKE)- Kepala Desa Kertayasa, Kecamatan Sindangagung, Arief Amarudin meminta dua calon perangkat desa mengikuti tahapan seleksi yang sudah ditetapkan oleh panitia sesuai aturan. 

"Perekrutannya bukan asal ditunjuk oleh kepala desa tetapi oleh tim penjaringan, harus melengkapi administrasi, diumumkan terbuka, melalui pendaftaran," kata  pria yang biasa disapa kang kuwu. Rabu, (9/11/2022) 

Ia mengatakan pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa diatur dalam permendagri dan Perbup Kuningan nomor 308 tahun 2022 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa. 

Panitia sendiri lanjtu dia, akan menerapkan tiga tahapan seleksi.  Tiga tes tertulis itu adalah test tulis melalui computer base test (CBT), test kompetensi atau kemampuan penguasaan komputer dan wawancara 

Diterangkan, tahapan seleksi yang tetapkan panitia itu, masing-masing peserta seleksi akan diminta untuk menentukan satu orang saksi yang akan menyaksikan selama proses seleksi berjalan., sehingga azas demokrasi dan transparansinya terpenuhi.

"Sekali lagi  tidak ada keberpihakan panitia kepada salah satu calon. Ini penting agar semua pihak puas denga hasil," katanya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Perangkat Desa Ono Daryono melalui sambungan cellular mengatakan, bahwa panitia bekerja atas Surat Keputusan (SK) Kepala Desa Kertayasa. 

"Mengenai formasi perangkat desa saat ini yang dibutuhkan untuk Kepala Dusun Pahing," katanya. 

Ia menyambut baik antusias masyarakat Dusun Pahing yang sudah ikut berpartisipasi menghantarkan pada pesta demokrasi pemilihan kepala dusun. Hal ini menjadi contoh yang baik.

"Sampai hari ini sudah ada dua orang yang mendaftar. Kemeriahan masyarakat turut serta meramaikan dengan arak arakan tabuhan genjring," ujarnya.

Sekadar informasi, hanya ketika zaman Kades Arief suasan pemilihan perangkat desa seperti ini tranparans, meriah dan ada kebanggaan. Hal ini karena pria yang dulunya wartawan itu paham aturan dan ingin merubah ke arah kebaikan. (dhn/rdk)  

Posting Komentar untuk "Kades Kertayasa Sebut Pengangkatan Perangkat Desa Harus Sesuai Aturan, Warga Antusias Antar Calon "