Loading...

Tempat Usaha Terbakar, Sempat Terjadi Ledakan, Kerugian Rp369.125.000

 

KUNINGAN (OKE)- Insiden kebakaran terjadi pada Rabu (9/11/2022)  dini hari pukul 01.30 WIB di Dusun Sukamulya Rt 04/04 Desa  Kecamatan Cibeureum. Tempat yang terbakar adalah tempat usaha bernama Toko Sinar Mulya milik  pasangan Dedi Setiawan  (60) dan Koyoh (54)

Bangunan yang terbakar  iti luasnya adalah  140 x 2 = 280 M2 ( 2 lantai ).Awal kejadian warga memedamkan api dengan peralaan seadaanya, meski kejadian pukul 01.30 WIB,laporan ke Damkar pukul 03.10 WIB.

Akibat telat laporan maka korban mengalami kerugian Rp369.125.000. Dugaan sementara kebakaran disebabkan dari pecahnya bola lampu yang tidak SNI, pecahan membakara barang yang mudah terbakar.

Menurut keterangan Rudi (43) dan  Carsan (37) tetangga korban sekitar pukul +- 02.00 wib dini hari, saksi bersama beberapa rekan warga masyarakat sedang melakukan aktifitas melekan dengan bermain musik. 

Sewaktu akan beristirahat dan berhenti bermain musik, saksi bersama beberapa rekan lainnya mendengar suara pecahan barang dan ledakan dari Toko Sinar Mulya. 

Kemudian saksi dan beberapa rekan lainnya menghampiri bangunan toko. Saksi melihat dari sela-sela lubang ventilasi udara bangunan toko ada kepulan asap dan apj yang menyala, kemudian dari bangunan lantai 2 api sudah menyala sangat besar. 

Kemudian saksi bergegas menghampiri rumah pemilik toko ( rumah pemilik toko berada disebelah timur bangunan toko). 

Bermaksud memberitahukan bahwa tokonya terbakar, dan meminta kunci toko untuk memadamkan api. Akan tetapi pemilik toko tidak dapat dihubungi, 

Melihat kondisi ini warga berusaha  membuka paksa pintu toko, karena khawatir api merambat dan membakar bangunan lainnya. 

Saksi lainnya memberitahukan kepada warga lainnya dan juga aparat pemerintahan desa setempat untuk secara bergotong royong dengan menggunakan peralatan seadanya berusaha memadamkan api.

Baru pada pukul Kaur Perencanaan Desa Cimara  Fitriani (29 tahun)  melaporkan kejadian kebakaran ke Kantor  UPT Pemadam Kebakaran Kuningan di Nomor (0232) 871113.

Setelah itub pukul 03.10 WIB , 8  petugas Damkar  anggota dari piket regu 1 dan 2 Randis Damkar berangkat menuju lokasi dan tiba dilokasi pada pukul 03. 50 WIB ( 30 menit).

Petugas Damkar bersama  anggota Kepolisian Sektor Cibeureum / Cibingbin, Anggota Koramil Cibeureum / Cibingbin , Aparat Pemdes Cimara dan warga. Api berhasil dipadamkan  pada pukul 05.30 WIB  ( 2 jam 10 menit) . 

Menurut Kepala UPT Damkar Kuningan Khadafi Mufti MSit, setelah dilakukan pengumpulan data, chek lokasi serta investigasi ke lokasi kebakaran, dan saksi-saksi,  untuk sementara kebakaran di duga dari pecahnya bola lampu ( tidak berstandar SNI).

"Pecahan bola lampu membakar tumpukan tiner, cat dan tabung gas, setelah itu   merambat ke isi bangunan toko," jelasnya.

Mengenai total kerugian, adalah Rp369.125.000, dengan rincian,  bangunan toko dengan luas bangunan 280 m2 ( dinding bangunan, Flafon, roling door, dll/ bangunan Permanen / Dak/ 2 lantai)   @Rp.850 ribu = Rp238. juta.

Selanjutnya,  full set pakaian ( barang dagangan) Rp+- 150 juta, barang dagangan bahan matrial ( cat, Tiner,Alat listrik dll) Rp.75 juta, -bensin eceran +- 150 Liter x @ Rp. 7.500/ liter = Rp1.125.000, barang dagangan berupa sembako ( beras, terigu,minyak dll ) +- Rp.20 juta ,  barang dagangan berupa snack, minuman dll  Rp15 juta, peralatan elektronik kulkas, shock es,  dll +- 15 juta.

Pasca kejadian ini Khadafi merekomendasi hasil penanganan kebakaran  yakni untuk setiap toko yang memperjual belikan barang yang mudah terbakar harus disediakan alat pencegahan kebakaran, minimal APAR. 

Selanjutnya, untuk Pemerintahan Desa setempat agar bisa melalukan edukasi dan pelatihan kepada masyarakat tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran, aparat Pemerintahan Desa setempat / warga  agar menyimpan nomor layanan Kedaruratan, seperti Pemdam Kebakaran, polsek, koramil, puskes dll.

" Yang harus diiingat  pemilik bangunan memerlukan bantuan logistik kedarutatan ( makanan,obat-obatan dll," ujarnya. (dhn/rdk)


Posting Komentar untuk "Tempat Usaha Terbakar, Sempat Terjadi Ledakan, Kerugian Rp369.125.000"