Loading...

Kades Mundur, Malam Harinya Warga Berpesta

                                        

KUNINGAN (OKE) - Pasca Kades Karangbaru Kecamatan Andi Supriatno SPd mundur dari jabatan kepala desa pada  Kamis (9/3/2023). Kondisi di wilayah tersebut terasa adem, warga pun merasa apa yang selama ini diperjuangkan membuahkan hasil.

Situasi di Desa Karangbaru Keamatan Ciwaru memulai panas pasca diketahui puluhan nama  warga dijadikan jaminan pinjaman ke bank emok oleh oknum perangkat desa dan juga oleh istri perangkat desa.

Warga mengetahui setelah karang taruna membongkar masalah ini. Warga pun tidak tertahan dan mereka pun menggeruduk desa. Pada saat itu warga meminta perangkat desa mundur, meski permasalahan ke bank emok diselesaikan dengan kekeluargaan.

Hal ini karena pihak perangkat desa akan bertanggungjawab dalam menyelesaikan piutang.Pasca kasus ini disebut beres, ternyata bidikan selanjutnya adalah kades dan warga pun pada Kamis menggeruduk  balai desa untuk meminta kades mundur. Keinginan warga tercapai.

"Situasi saat ini kondusif. Ada sebagian warga yang merayakan dengan cara bakar ayam," ujar Hari Ketua Karang Taruna Desa Karangbaru.

Tidak jauh berbeda pun dikatakan oleh Wandi Guntara. Menurutnya, perjuangan warga selama ini berhasil. Semoga kedepannya Karangbaru lebih maju sesuai dengan harapan warga.

Seperti diketahui warga mengepung kantor desa untuk meminta kades mundur.Permintaan warga ini karena sudah tidak percaya dengan  kepimpinan Andi yang dinilai banyak melakukan kesalahan berbagai hal terutama dalam pengelolaan anggaran dana desa. 

Andi sendiri ketika mendapatkan desakan seperti itu tidak bisa berdaya.Ia memutuskan mundur demi kebaikan desanya. Warga sendiri langsung bersorak gembira ketika mantan kepala SD itu mundur. 

Mantan guru itu  diketahui baru menjabat 3 tahun. Meski situasi memanas, tapi aparat  dari TNI dan Polri sigap melakukan pengamanan.

Pada saat menyatakan mundur dihadapan warga, tampak hadir Plt Camat Ciwaru Nana Kusmana. Andi sendiri dalam surat pernyataan yang ditandatangi materai mengatakan, legowo dan ikhlas siap untuk mengundurkan diri dari jabatan kades.

Pada surat yang ditulis tangan itu, yang menjadi saksi adalah Kepala BPBD Jaja Sudarja, Giri Raharja Anggota BPBD dan Iim Wijana Anggota BPBD.

"Iya mundur," ujar Plt Camat Ciwaru Nana Kusmana sambil mengirim bukti surat pernyataan.

Terpisah, Kuninganoke.com belum mendapatkan keterangan resmi dari pihak DPMD Kuningan terkait mundurnya Kades Karangbaru. 

Namun, yang pasti sudah dua kades mundur, dimana sebelumnya Kades  Cibinuang karena masalah nikah lagi. (dhn/rdk/)


Posting Komentar untuk "Kades Mundur, Malam Harinya Warga Berpesta"