Loading...

Keropos, Pohon Rambutan Tumbang Timpa Rumah, Kerugian Rp4 Juta

 

KUNINGAN (OKE)- Insinden pohon tumbang yang terjadi di Kecamatan Cigugur, bukan hanya di Jalan Gunungkeling-Ragawacana, tapi juga di Blok Citamba tepatnya Rt 03/01 Kelurahan/Kecamatan Cigugur.

Kejadian pohon tumbang jenis rambutan itu terjai pada Kamis (30/3/2023) pukul 18.00 WIB. Pohon setinggi 30 meter dengan diameter 80 meter itu milik H Hilman (alm) dan menimpa bagian dapur dan gerasi miik Uning Kurniasih (63)

Akibat kejadian itu korban mengalami kerugian sebesar Rp4 juta. Pihak Damkar baru mendapatkan laporan pada Jumat (31/3/2023) pagi pukul 05.50 WIB, sehingga proses pembersihan baru dimulai pukul 06.15 WIB dan kelar pukul 07.30 WIB atau butuh waktu 1 jam 15 menit.

Menurut keterangan  Ketua Rt 03 Aguslan (47),  pada Kamis pukul 18.00 WIB Uning tengah berada di kamar mandi mengambil air wudhu. Kemudian dikagetkan suara dari arah belakang rumah.

Saat diperiksa terdapat pohon rambutan berukuran besar menimpa rumahnya di bagian dapur dan garasi mobil, kemudian pada pukul 19.00 WIB korban  langsung melaporkan kepada Ketua RT dan Rt melaporkan lagi kepada Lurah Oyo Sutaryo.

Pihak Damkar sendiri langsung menerjunkan tiga anggota, dengan dibantu Camat Cigugur Yono Rohmansah,perangkat Kelurahan Cigugur, dan warga setempat akhirnya pohon rambutan bisa dibersihkan dalam waktu 1 jam 15 menit.

"Dari hasil investigasi dan pengumpulan data di TKP penyebab tumbangnya pohon rambutan karena bagian pohon sudah lapuk. Penyebabnya di bawah  pohon sering digunakan pembakaran sampah," ujar Kepala UPT Damkar Kuningan Khadafi Mufti MSi. 

Mengenai kerugian total Rp4 juta dengan rincian antena parabola Rp500 ribu, Atap dapur 3x2 m² = 6 m² @ Rp. 500.000 = Rp3 juta,  atap garasi = Rp500 ribu.

Dalam kesempatan itu, Khadafi mengimbau,  kepada warga Kuningan agar tidak membakar sampah dll di bawah pohon karena akan mengakibatkan pohon tersebut mati. 

-"Satu lagi apabila pohon yang sudah berukuran besar di sekitaran rumah segera dipangkas/ditebang dikhawatirkan sewaktu-waktu dapat roboh/tumbang apalagi saat ini musim hujan," ujarnya.(dhn/rdk) 



Posting Komentar untuk "Keropos, Pohon Rambutan Tumbang Timpa Rumah, Kerugian Rp4 Juta"