Loading...

38 Regu Berebut Jadi Juara di Lomba Baris Berbaris Indah

KUNINGAN (OKE)- Bupati Kuningan Acep Purnama membuka Lomba Baris Berbaris Indah (LBBI) di Gor Ewangga Kuningan, Selasa (20/12/2022). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bagian Kesra Setda Kabupaten Kuningan.

Lomba ini  diikuti oleh 38 regu dari sejumlah sekolah tingkat SD/MI sederajat, Tingkat SMP/MTS sederajat, Tingkat SMA/SMK/MA sederajat se-Kabupaten Kuningan.

Bupati Acep Purnama menyampaikan, LBBI ini merupakan wadah awal untuk menjaring bibit-bibit muda yang nantinya akan menjadi calon-calon pengibar bendera pusaka (paskibraka), sehingga  tidak pernah mengalami kekosongan perpindahan regenerasi yang membangun dari waktu ke waktu. 

"Untuk itu saya juga mengucapkan terimakasih kepada Bagian Kesra Setda  dan juga seluruh komponen kepanitiaan berikut dewan juri, atas terselenggaranya perlombaan ini,"ujarnya.

Kedepan, bupati  berharap bahwa perlombaan ini akan menjadi agenda tahunan, selain sebagai sarana untuk mengeksplor kemampuan dan kerjasama para pemuda kita, lomba seperti ini juga sebagai media positif dalam mengisi kegiatan ekstrakurikuler para peserta didik.

“ Atas nama pribadi dan pemerintah saya mengapresiasi gelaran perlombaan  yang menjadikannya momentum untuk menumbuh kembangkan kesadaran generasi muda akan cita-cita luhur bangsa. sehingga ke depan, para generasi muda kita dapat menjadi salah satu bagian dalam keutuhan bangsa dan mengisi kemerdekaan dengan hal yang sangat positif” ucapnya . 

Ia menuturkan melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi para pesertanya yang merupakan para pelajar dari tingkat SD sederajat,  tingkat SMP sederajat dan SMA sederajat. Membentuk watak, mental, dan kepribadian kaum muda-mudi yang memiliki semangat bela negara, patriot pembangunan, dan menjadi pemersatu bangsa. 

Karena itulah, ia selaku pimpinan daerah menyambut baik kegiatan tersebut dengan harapan kegiatan ini bisa menanamkan semangat dan kecintaan pemuda-pemudi Kuningan terhadap negara, memperkuat rasa patriotisme dan nasionalisme di kalangan pelajar serta lingkungan pendidikan pada umumnya.

“Di samping itu kegiatan ini juga bagus untuk kesehatan, mengasah kreativitas dan keterampilan baris berbaris, serta menanamkan kedisiplinan pada para pelajar yang mengikutinya,” ujarnya.

Pada kesempatan ini Bupati Acep mengingatkan, untuk tim juri menilai para peserta dengan penuh kejujuran dan keadilan dalam menentukan siapa nantinya menjadi pemenang.

“Kepada para juri diharapkan menjadi juri yang jujur dan adil dalam menilai setiap peserta, sesuai kode etik penjurian. Untuk para supporter, tertib menonton dan semoga terhibur dalam menyaksikanya,” pesan Acep.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara H. Nunung Nurjati yang juga selaku Kabag Kesra Setda  Kuningan menuturkan kegiatan tersebut diselenggarakan dengan maksud menumbuhkan sikap jasmani yang tegas dan tangkas, rasa disiplin, bertanggung jawab serta dapat meningkatkan daya konsentrasi yang tinggi bagi para peserta lomba. 

Kemudian untuk melatih solidaritas, rasa setia kawan dan memupuk rasa persatuan bagi para peserta lomba dan sebagai sarana untuk menggali potensi dan pengembangan bakat para peserta lomba juga agar terjalin hubungan persaudaraan dan ikatan silaturahmi yang erat.

Dikatakan,  jumlah  peserta  Kategori SD/MI sebanyak 4 regu peserta, Kategori SMP/MTS sebanyak 15 regu peserta dan Kategori SMA/SMK/MA sebanyak 19 regu peserta, sehinga  total semuanya 38 regu.(dhn/rdk)

Posting Komentar untuk "38 Regu Berebut Jadi Juara di Lomba Baris Berbaris Indah"