Loading...

Akibat Gempa Berkekuatan 3,8 Magnitude, 1 Rumah Ambruk dan 4 Retak

 

KUNINGAN (OKE)- Satu persatu dampak dari gempa bumi yang tektonik yang mengguncang Kabupaten Kuningan  dilaporkan oleh warga. Salah satunya terjadi di Dusun Cijemit Barat Desa Cijemit Kecamatan Ciniru.

Menurut Anggota BPD  Desa Cijemit Cucu Sumadi SPd,  rumah milik Wero ambruk akibat guncangan gempa. Untungnya tidak ada korban dalam kejadian itu karena rumah sudah dikosongkan sejak terjadi TPT longsor pada tanggal 8 Desember.

"Tadinya kan sudah retak-retak akibat TPT jebol di Batu Tumpang. Arus sungai Cipedak yang deras menyebabkan banyak rumah mengalami retakan," ujar Cucu yang juga guru SMAN Ciniru itu, Kamis (22/12/2022) pagi.

Rumah ambruk pasca guncangan gempa pada Kamis shubuh. Sedangkan 4 rumah lainnya kerusakannya semakin parah. Lima rumah sudah ditinggalkan pasca terjadi TPT longsor.

Pihaknya bersama pemdes sekarang tengah memantau di TKP, untuk memeriksa dampak dari gempa. Bukan hanya di Cijemit Barat tapi di dusun-dusun lainnya.

"Kami baru bisa melaporkan ada 5 rumah yang rusak. Sedangkan yang lain baru di cek," ujarnya.

Terpisah, pihak BPBD Kuningan  membenarkan adanya rumah yang ambruk pasca gempa. lokasinya di Desa Cijemit Kecamatan Ciniru.

"Kita sudah gali info. Tadinya rumah ini terkena  dampak banjir bandang. Beberapa waktu lalu. Rumah sudah retak. Sudah tidak  ditinggal sementara. Penghuni di evakuasi. Dampak ada gempa sekarang tembok rubuh," ujar Kalak BPBD Kuningan Indra Bayu Permana.

Pria yang akrab dipanggil IB itu menjelaskan, rumah yang maruk itu awalnya terdampak longsor TPT  bantaran sungai Cipedak tanggal 8 desember 2022, ditambah intensitas hujan hari Rabu tanggal 21 Desember cukup tinggi, mengakibatkan retakan di rumah tersebut bertambah. 

"Dan tadi pagi pasca gempa, tembok rumah ambruk. Atas rekomendasi BPBD, semenjak tanggal 8 Desember penghuni rumah atas nama pa wiro kuswara sudah di evakuasi sementara.," bebernya.

Sekadar informasi Kamis (22/12/2022) pukul 04:18:28 WIB wilayah Kuningan diguncang gempa bumi tektonik. Dari hasil analisa BMKG menunjukan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M-3,8.

Sementara episener terletak pada koordinat 6,99 LS dan 108.48 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 1 Km barat Daya Kabupaten Kuningan jabar pada kedalaman 5 Km.   

Untuk warga Kuningan hingga saat ini banyak yang panik karena takut insiden di Cianjur terjadi di kota Kuda.  Kejadian ini pun ramai di medsos bahkan di twitter menjadi trending topik. (dhn/rdk)

Posting Komentar untuk "Akibat Gempa Berkekuatan 3,8 Magnitude, 1 Rumah Ambruk dan 4 Retak"