Loading...

Warga Kuningan Rasakan Gempa, Jamaah Musala Berhamburan Keluar


KUNINGAN (OKE)- Warga Kabupaten Kuningan yang akan melaksanakan salat shubuh dikagetkan dengan terjadi gempa. Getaran sangat dirasakan oleh warga yang berada di dalam ruangan. Sedangkan yang berada di luar rumah tidak merasakan.

Kejadian gempa terjadi Kamis (22/12/2022) pukul 04.18 WIB atau pada melasanakan salat shubuh.

wartawan kuninganoke.com sendiri merasakan ketika tengah berada  di Musala Miftahul Jannah untuk melaksanakan salat subuh. 

Pada saat itu, tengah dilakukan komat atau iqomah, para jamaah langsung berhamburan keluar ketika bangunan masjid bergoyang.

Kaca-kaca masjid bergetar , semua berhamburan keluar termasuk wartawan kuninganoke.com.  

Getaran besar dan durasi cukup lama, membuat semua panik karena takut kejadian di Kabupaten Cianjur terulang.

Anehnya para jamaah yang lain yang belum sempat ke masjid tidak merasakan getaran. Mereka hanya kaget ketika meliha kaca masjid dan banguan bergoyang. Begitu juga yang lain.

"Saya tidak merasakan getaran tapi, melihat kaca bergetar dan bangunan bergoyang kaget," ujar Imat yang juga Sekretaris Dinsosnaker Kuningan.

Begitu juga dengan Aceng Johari,yang merupakan Babinsa Cigintung, ia idak merasakan getaran gempa  tapi melihat bangunan bergoyang. Ia juga sempat kaget melihat jamaah berada di luar musala.

Sementara itu warga Kuningan yang lain pun merasakan yang sama. Laporan yang ada di grup whatsapp BPBD Kuningan semua menerangkan ada gempa meski durasi dan waktu berbeda-beda.

"Di Geresik juga merasakan yang sama," ujar Andi di grup WA BPBD Kuningan.

Sekeretasris BPBD Kuningan Ayip pun langsung melakukan pendataan dan ada beberapa wliyah yang melaporkan. Sementara itu belum ada laporan terjadi kerusakan.

Dari data yang diposting oleh BMKG membearkan terjadi gempa  dengan Mag:4.3, 22-Dec-2022 04:18:28WIB, Lok:7.00LS, 108.49BT (2 km Tenggara KAB-KUNINGAN-JABAR), Kedlmn:10 Km #BMKG 

Disclaimer:Dlm bbrp menit pertama stlh gmp,parameter gmp dapat berubah dan boleh jadi blm akurat,kecuali tlh dianalisis ulang seismolog.(dhn/rdk)

Inventarisasi Kegempaan 

Di wil Kab.Kuningan 


1. Tinggar nusaherang

2. Kuningan kota

3.Jambar Nusaherang

4.Cijoho

5.Bojong kramatmulya

6.Gersik Luragung

7.Karangtawang  Kuningan

8.Padarek  Kuningan

9.Sayana jalaksana

10.Cigugur 

11.Puncak cigugur

12.Cisantana Cigugur

13.Kramatmulya

14.Ciawi

15.Cilayung Ciwaru

16.Darma

17.Cirukem Garawangi

18.cikahuripan maleber

19..Sindangjawa kadugede

20.Parakan Maleber

21.Winduhaji Kuningan

Mohon ifnformasi wilayah lain

Posting Komentar untuk "Warga Kuningan Rasakan Gempa, Jamaah Musala Berhamburan Keluar"