Loading...

Akhir Tahun, Kuningan Panen Penghargaan, Terbaru Program PINUNJUL


KUNINGAN (OKE)- Kabupaten Kuningan mendapat penghargaan  5 terbaik di Jawa Barat  sebagai  kabupaten/kota  yang termasuk wilayah  pantauan  dalam penghitungan inflasi nasional dalam program Apresiasi Jawara Ekonomi Digital Jawa Barat 2022 dan Apresiasi PINUNJUL (Program INflasi UNggul JUara Lahir batin) Jawa Barat 2022.

Penghargaan PINUNJUL ini diberikan dalam 2 kategori, yaitu kabupaten/kota yang termasuk cakupan wilayah yang dipantau dalam penghitungan inflasi nasional (Kota IHK) dan kabupaten/ kota yang tidak termasuk ke dalam cakupan wilayah yang dipantau dalam penghitungan inflasi nasional Indek Harga Konsumen  (IHK).

Untuk Kabupaten Kuningan termasuk  5 terbaik di Jawa Barat dengan kategori kabupaten/ kota di luar cakupan pantauan IHK bersama dengan Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Banjar.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kepada Bupati Kuningan Acep Purnama pada  acara Westjava Annual Meeting 2022 dengan mengangkat tema Perkuat Kolaborasi, Jabar Siap Hadapi Tantangan 2023 di  Bandung, Senin (19/12/2022).

Usai menerima penghargaan Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH MH menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bahu membahu untuk menjaga kestabilan harga untuk pengendalian inflasi.

Hal ini  mulai dari pemeriksaan, pasokan bahan pokok, penyimpanan, memastikan transportasi yang lancar, dan menjaga distribusi barang. “Hal tersebut melibatkan Pemerintahan Daerah Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), lembaga lainnya, pelaku usaha, dan masyarakat,” ungkapnya. 

Apresiasi oleh Bank Indonesia tersebut diberikan kepada pemerintah kab/kota yang telah berhasil melakukan inovasi melalui pemanfaatan teknologi digital serta mendorong perluasan ekosistem ekonomi digital di masyarakat, serta pengendalian inflasi terbaik.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Menjabarkan bahwa melalui kolaborasi dan keterlibatan aktif dari seluruh jajaran pimpinan daerah dan tentunya seluruh masyarakat Jawa Barat.

“Kami mendukung upaya pemulihan ekonomi Jawa Barat melalui pemanfaatan digitalisasi ekonomi dengan strategi yang tersinergi dalam wadah TPID dan TP2DD untuk mendukung stabilitas harga dan terwujudnya Visi Jawa Barat provinsi digital,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengucapkan selamat kepada kabupaten dan kota yang mendapat penghargaan. “Semoga dengan silih asah, silih asuh, silih wawangi, silih tulungan sebagai khasnya Jawa Barat, maka kekompakan kita silih asuh di TP2DD dan TPID menghasilkan sinergitas yang baik,” katanya.

Ia berharap, ke depan kabupaten/kota bisa memiliki punya cetak biru pemulihan ekonomi melalui digitalisasi ekonomi, serta membuat rencana pengendalian inflasi.  “Untuk inflasi, saya titip 4K, keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi yang efektif menyampaikan informasi-informasi kepada masyarakat,” ucapnya.(dhn/rdk)

Posting Komentar untuk "Akhir Tahun, Kuningan Panen Penghargaan, Terbaru Program PINUNJUL"