Loading...

Bismillah, Pembangunan Jalan Lingkar Timur Selatan Dimulai


KUNINGAN,- Pembangunan Jalan Lingkar Timur Selatan (JLTS)  sudah memasuki tahapan pembukaan pembuatan badan JLTS yang dimulai dari jalur selatan Desa Windujanten, Kec. Kadugede. Bupati Kuningan H. Acep Purnama memimpin langsung pembukaan jalan tersebut, ditandai dengan pemecahan kendi dan doa bersama, Selasa (20/12/2022).


Bupati Acep menyampaikan  terimakasih kepada warga  Desa Windujanten ada 144 bidang dan 91 pemilik dengan  kebersamaan, keikhlasan telah selesai dilakukannya transaksi pembayaran atas kesepakatan harga, Alhamdulillah  semuanya berjalan dengan lancar. Selanjutnya akan dilakukan pembayaran di Wilayah Desa Cibinuang, rencana Hari Kamis hingga Jumat selesai. Setelah itu berarti berhak untuk menggarapnya.


Menurut bupati, bahwa pembebasan lahan memerlukan keseriusan, pendekatan dan komunikasi dengan masyarakat. Kemudian dalam rangka dimulainya pembayaran pembebasan lahan untuk pembangunan jalan lingkar timur selatan, memang penuh dinamika. Namun pemerintah tetap mengedepankan pendekatan agar masyarakat merasa tenang dan nyaman.


 “Hari ini memulai pengerjaan pembangunan JLTS. Pembangunan ini  sebagai  hadiah juga  di penghujung tahun untuk menyemangati  menyongsong tahun depan. Kami terus melakukan komunikasi dengan Pak Gubernur Jawa Barat dan Pemerintah Pusat,  untuk menyelesaikan tahapan selanjutnya,” ungkapnya.


Sementara Kadis Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR), Ridwan Setiawan, M.Si., menerangkan, tujuan dari Pembangunan JLTS, membangun infrastruktur yang menghubungkan pusat-pusat perekonomian di  Kabupaten Kuningan, dan  menghubungkan akses yang sudah terbangun (Lingkar Timur Selatan) menuju kawasan strategis kabupaten (Kadugede) yang menghubungkan dan jalan nasional ke jalan nasional.


Ia menyebutkan pembangunan JLTS  dengan panjang 10.8 km, dari arah Desa Ancaran (sebelah Kantor PUTR) – Desa Windujanten persis depan Kantor Koramil Kadugede. Letak dan luas tanah lokasi  pembangunan,  untuk Kecamatan Sindangagung, yaitu Desa Kertawangunan seluas 10.795 M2, Desa Sindangsari seluas 39.881 M2, Desa Kaduagung Seluas  ± 75 M2.


Kecamatan Kuningan, yaitu Desa Ancaran Seluas  ± 22.511, Desa Karangtawang Seluas 18.955, Desa Winduhaji Seluas 56.819,  Kelurahan Citangtu Seluas ± 93.41 1 M2, dan  Desa Cibinuang Seluas ± 189.975 M2. Dan Kecamatan Kadugede, yaitu Desa Windujanten Seluas ± 70.003 M2. Perkiraan pembangunan ruas JLTS  akan memerlukan waktu 15 bulan tahun 2023 sampai tahun 2024. 

Posting Komentar untuk "Bismillah, Pembangunan Jalan Lingkar Timur Selatan Dimulai"