Loading...

Hari Pertama TdL Diikuti 39 Peserta, Pembalap Heran, Panitia Beri Penjelasan

KUNINGAN (OKE)- Hari Pertama Tour de Linggarjati ke-6  hanya diikuti oleh 39 pembalap padahal yang akan ambil bagain di TdL ada 320 orang. Mereka ambil bagian di ketegori Gran Fondo KOM (King Of Mountain) dan Gran Fondo Non KOM. Adapun star dimulai pada Jumat pagi pukul 06.00 WIB.

Peserta dilepas oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama yang didampingi Sekda Kuningan  Dr H  Dian Rachmat Yanuar Msi dan juga Kapolres Kuningan AKBP Dhany Aryanda, Dandim Bambag Kurniawan dan para panitia. Rombongan pesera terlihat banyak karena banyak pesepada yang mendampingi atlet, selain itu juga para petugas yang mengawal peserta.

Untuk rute Grand Fondo KOM  jarak tempuhnya adalah  63,4 Km. Sedangkan  Rute grand fondo Non Kom dengan jarak tempuk 52,4 Km. Pembalap sampai ke garis finish di Gedung Naskah Linggarjati dalam beberapa gelombang.

Dari beberapa pembalap yang ditemui oleh kuninanoke.com mengaku heran dengan antusias peserta yang turun di TdL ke 6, seharusnya dengan medan yang menantang ini memberikan pengalaman berharga.

"Ya terlalu sayang saja, rutenya bagus dan penuh tentangan tapi pesertanya seditkit. Untuk kategori perempuan pun hanya saya satu-satu sehingga langsung juara " ujar Sri Suyamti pembalap asal Klub CBC Kudus yang terlihat tersenyum bahagia.

Sementara itu,Kiswo Iwo pun menyayangkan peserta minim, kemungkinan karena bentrok dengan acara lain atau memang pada akhir tahun pembalap sudah tidak ingin kembali terjun.

Dari info,minimnya peserta karena karena biaya pendaftaran yang mahal sebesar Rp600 ribu. Selain, itu juga TdL minim promosi, dan yang paling utama adalah bagi pembalap yang terjun di even ini tidak mendapatkan point karena tidak dihitung.

Terpisah, Ketua Panitia TdL  Trisman Supriatna MPd yang didampingi Jono SE, terkait uang pendaftaran sebenarnya dikembalikan lagi  kepada peserta, untuk asuransi, dan  juga makan.

"Banyak faktor yang membuat sepi peserta karena memang pasca pandemi, terus jarak dengan  Tour de Siak berdekatan," jelasnya.

Jono ikut menambahkan, meski harus kecewa karena peserta minim pihaknya bersyukur TdL yang vakum 2 tahun kembali digelar, sehingga seolah kembali dari nol. Dan faktor digelar hari Jumat pun ikut berpengaruh.

"Mudah-mudahan tahun depan kita sukses lagi seperti sebelum pandemi. Sebenarnya dari total enam balapan  sepeda bertajuk tour (seperti TdL) hanya dua yang digelar  tahun ini yakni TdL dan Tour de Siak, tapi karena memang situasi tidak memungkinkan peserta minim," ujarnya.

Mengenai  Kemenpar tidak ikut mendukung karena mereka menganggap TdL adalah hajatan dari Kemenpora (olahraga). Pihanya berharap pada Sabtu dan Minggu peserta lebih banyak lagi.    

Dari pantauan kuninganoke.com meski sepanjang jalan yang dilintasi pembalap banyak warga yang menyambut tertutama para pelajar, tapi di lokasi finish (halaman gedung naskah) terlihat sepi, tidak sebanyak pada gelaran even sebelumya. 

Rute Grand Fondo kom jarak tempuh 634 Km 

START : PENDOPO KUNINGAN ( 0 Km / 536 mdpl ) - TAMKOT SILIWANGI KUNINGAN ( 0 Km ) – Lampu Merah Veteran – SPBU Lamping – Simpang 3 Pertanian Cigadung – Terminal Kadugede –Kertawirama Darma – DTW Waduk Darma ( Water Station I - 12,7 Km / 711 mdpl– Pkl. 07.30 ) – Pasar Darma – Cipasung - Sakerta Barat –Sakerta Timur – Jagara – Nusaherang – Terminal Kadugede - Simpang 4 Bayuning – Tamjakan Bayuning – Simpang 3 Cileuleuy – SDN 2 CILEULEUY KEC. CIGUGUR ( Khusus Peserta KOM & Start KOM WaterStation II – 36,5 Km / 679 mdpl ) - PUNCAK – BUPER TALAGA SURIAN PUNCAK ( KOM – 40 Km / 1.084 mdpl ) – Buper Palutungan – Cisantana – Cigugur – Cipari – Gunung Keling – Ragawacana – Pajambon – Sukamukti  Babakanmulya - DTW Balong Dalem – Sadamantra – Sembawa – Peusing – Bandorasa Kulon – Hotel Ayong –Finish

Rute grand fondo Non Kom dengan jarak tempuk 52,4 Km

START : PENDOPO KUNINGAN ( 0 Km / 536 mdpl ) - TAMKOT SILIWANGI KUNINGAN ( 0 Km ) – Lampu Merah Veteran – SPBU Lamping – Simpang 3 Pertanian Cigadung – Terminal Kadugede –Kertawirama Darma – DTW Waduk Darma ( Water Station I - 12,7 Km / 711 mdpl– Pkl. 07.30 ) – Pasar Darma – Cipasung - Sakerta Barat –Sakerta Timur – Jagara – Nusaherang – Terminal Kadugede - Simpang 4 Bayuning – Tamjakan Bayuning – Simpang 3 Cileuleuy – SMKN Sukamulya –Cagar Budaya Paseban-Simpang 3 KUA Cigugur-Cipari-Gunungkeling– Ragawacana – Pajambon – Sukamukti  Babakanmulya - DTW Balong Dalem – Sadamantra – Sembawa – Peusing – Bandorasa Kulon – Hotel Ayong –Finish



Posting Komentar untuk "Hari Pertama TdL Diikuti 39 Peserta, Pembalap Heran, Panitia Beri Penjelasan"