Loading...

Tour de Linggjarjati Berlangsung Dari Jumat-Minggu, Total Hadiah Rp200 Juta, Ada 320 Pembalap yang Hadir

 .

KUNINGAN (OKE)- Setelah vakum selama 2 tahun karena pademi, akhirnya event balap sepeda bertajuk Tour de Linggjati ke-6 kembali hadir. Event nasional ini akan berlangsung dari tanggal 16-18 Desember 2022.

Meski tahun ini tidak ada pembalap asing tapi hadiah yang disediakan panitia cukup besar yakni total Rp200 juta. Adapun peserta yang hadir sebanyak 320 orang, yang hadir dari seluruh Indonesia.

"Kenapa tidak pembalap dari luar negeri karena bentrok dengan Tour de Siak yang baru digelar 1-4 Desember. Andai acara tidak bentrok mereka bisa ambila bagian. Karena pasca beres di Siak mereka terlalu lama menunggu," ujar Ketua Panitia TdL Trisman Supriatna MPd, usai gelar pasukan pengamanan  balap sepeda TdL di Pandapa Parmartaa, Kamis (15/12/2022).

Meski tidak ada  pembalap asing kata Trisman, masih ada pembalap yang juara di Tour de Siak asal Pontianak. Sedangkan atlet yang terjauh datang dari Provinis Irian atau Papua.

"Tema yang diambil adalah "Menjelajah di Arcapada". Adapun arti dari tema itu adalah menjelajah di bumi Kuningan," tandasnya.

Diterangkan, lomba ini dilaksanakan dengan menggunakan standar internasional, sehingga dapat dijadikan ajang untuk mengukur kemampuan bagi para pembalap untuk memacu prestasinya di ajang lain yang lebih tinggi.

Dalam konteks daerah, pelaksanaan Tour de Linggarjati diharapkan menjadi media promosi pariwisata Kabupaten Kuningan yang sudah dikenal memiliki alam yang indah, masyarakat yang ramah, serta budaya dan sejarah khas yang tidak dimiliki daerah lain. 

"Kami juga berharap dari event ini akan makin menggerakkan usaha ekonomi kreatif yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kuningan," ujarnya.

Lebih lanjut lagi, semoga event ini menjadi pelopor bagi Provinsi Jawa Barat yang belum memiliki kompetisi balap sepeda reguler berkelas internasional. Sebagai pimpinan daerah, ia cukup berbangga hati di antara keterbatasan sumber daya, Kuningan mampu menyelenggarakan event internasional secara konsisten dan berjalan dengan lancar. 

Animo peserta dan penonton tidak pernah surut dari tahun ke tahun untuk mengikuti kegiatan ini. Tentu saja saya berharap kegiatan ini akan mampu mendongkrak kunjungan wisata serta pembangunan di bidangkepariwisataan di Kabupaten Kuningan. 

"Sebagai core bussines daerah, pariwisata Kuningan memang cukup menjanjikan, hanya dibutuhkan kreativitas dan re-packaging potensi wisata yang sudah ada,"tamabhnya.

Melalui Tour de Linggarjati tahun 2022 ini pihaknya  berharap pariwisata Kabupaten Kuningan semakin maju, prestasi olahraga balap sepeda semakin meningkat, perekonomian daerah tumbuh, infrastruktur daerah semakin mantap dan Kabupaten Kuningan semakin dikenal dunia. 

Sementara itu, bupati mengaku dalam kegiatan ini pihaknya mengerahkan 500 petugas diluar jumlah personil dibantu juga dari perangkat desa. Pihaknya optimis TdL ke-6 akan sukses dan memberikan dampak positif terhadap Kuningan.

Sekadar informasi, TdL digelar selama tiga hari dan ada tiga kelas yang diperlombakan yakni Gran Fondo pada hari pertama. Sedangkan , untuk hari Sabtu digelar Individual Road Race dengan Star Jalan Siliwangi.

Pada kelas ini  dibagi 3 kategori putra dan putri IRR Men Yout and Women (junior, youth dan elite) .Kemudian, IRR Men Junior, woman leit  dan Master A Jarak tempuh sekitar 47,4 Km. Adapun jarak tempuh Men Elit  129,8 Km.  Untuk  IRR Men Yout and Women (junior youth dan master B dengan jarak 29,7 Km

Untuk elas Criterium , menempuh jarak sekitar 2,9 Km dengan beberapa kali lap/putaran sesuai kategori dan fun bike akan menempuh jarak sekiar 103 Km. Sedangkan Jalan Siliwangi dengan finish di Pos Polisi Taman Kota dilakukan Minggu pagi.


RUNDOWN KEGIATAN

Tour de Linggarjati VI

Kamis, 15 Desember 2022

08.00 - 16.00 PENGAMBILAN RACE PACK GRAN FONDO

16.00 - 17.00 TECHNICAL MEETING GRAN FONDO

 Bertempat di Aula Pandapa Paramarta Kuningan

Jumat, 16 Desember 2022

06.00 - 11.00 GRAN FONDO TOUR DE LINGGARJATI Jarak tempuh ± 63,4 km

 Start Pertokoan Jl. Siliwangi Kuningan,

 Finish Gedung Perundingan Linggarjati

 Pembagian hadiah

08.00 - 14.00 REGISTRASI PESERTA TDL (LOMBA IRR & CRITERIUM)

 Bertempat di Aula Pandapa Paramarta Kuningan

14.00 - 16.00 CITY TOUR ke beberapa DTW di Kab. Kuningan

 (kumpul di depan Pendopo Kuningan)

16.00 - 17.00 TECHNICAL MEETING (Aula Pandapa Paramarta Kuningan)

18.00 - 21.00 WELCOME PARTY (Pendopo Kuningan)

Sabtu, 17 Desember 2022

07.00 - 16.00 INDIVIDUAL ROAD RACE (IRR) (di Sekitar Pertokoan Siliwangi)

 IRR Men Youth, Women (Junior, Youth) & Master B Jarak tempuh ± 29,7 km

 IRR Men Junior, Women Elite & Master A Jarak tempuh ± 47,7 km

 IRR Men Elite Jarak Tempuh ± 129, 8 km

 Start/Finish Pertokoan Jl. Siliwangi Kuningan

08.00 - Selesai LOMBA BMX FREESTYLE PARK

 Jalan Siliwangi depan Masjid Agung Syiarul Islam

19.00 - Selesai PEMBUKAAN KULINER DEWI SARTIKA(KULDESAK)/BAZAR

 Area Beringin Taman Kota Kuningan (0 km)

Minggu, 18 Desember 2022

07.30 - Selesai FUN BIKE Jarak tempuh ± 21,3 km

 Start : Depan Pertokoan Jl. Siliwangi Kuningan,

 Finish : Area Beringin Taman Kota 16 km (0 km)

08.00 - 16.00 CRITERIUM Jarak tempuh ± 2,9 km

 (ditempuh dengan beberapa kali lap/Putaran sesuai kategori usia)

 Start/Finish Pertokoan Jl. Siliwangi Kuningan




 





Posting Komentar untuk "Tour de Linggjarjati Berlangsung Dari Jumat-Minggu, Total Hadiah Rp200 Juta, Ada 320 Pembalap yang Hadir "