Loading...

Harlah Pagar Nusa ke-38 Diisi Istighosah dan Berbagai Atraksi

 

KUNINGAN (OKE)- Harlah Pagar Nusa ke-38 di Kabupaten Kuningan digelar dengan melakukan istighosah dan berbabagai atraksi. Acara yang digelar Pengurus Cabang Penca Silat Nahdlatul  Ulama (PSNU) Pagar Nusa Kabupaten Kuningan itu dihelat di Kecamatan Pancalang tepatnya di Ponpes Silebu Pimpinan Gus Dulloh Minggu (3/3/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Kuningan diwakili Drs. H. Dadi Hardadi, M.Si Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik mengatakan, keberadaan pendekar Pagar Nusa yang senantiasa menjunjung tinggi martabat diri, pesantren dan ulama sebagai simbol ilmu pengetahuan, namun tetap memiliki rasa tanggungjawab dalam menjaga keamanan, merupakan hal yang perlu diapresiasi.

“Pencak Silat NU Pagar Nusa selama ini telah konsisten menjalankan perannya dalam menjaga marwah kyai dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu, merawat tradisi leluhur nusantara dalam seni beladiri,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Ketua PC PSNU Pagar Nusa Kabupaten Kuningan Wibawa Gumbira, S.Kom. M.Pd menyampaikan, meski digelar dengan kesederhanaan, namun niat, itikad dan semangat refleksi diri menjadi hal utama. 

" Harlah juga  sebagai penghargaan atas kontribusi para pendiri Pagar Nusa dalam mengembangkan organisasi ini sejak didirikan pada 3 Januari 1986 di Pondok Pesantren Lirboyo," tandasnya.

Pihaknya  mengajak pengurus dan anggota Pagar Nusa  untuk terus mengasah dan meningkatkan rasa cinta menjaga para ulama,  dan bangga kepada bangsa  Indonesia  dengan menjaga kedaulatan bangsa, melestarikan dan mengembangkan kekayaan budaya nusantara, salah satunya pencak silat sebagai jati diri bangsa. 

"Untuk itu teruslah berlatih dan berlatih,” ungkapnya.

Wibawa Gumbira mengatakan, atas nama Pagar Nusa Kabupaten Kuningan, berterima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah bersinergi dengan NU, khususnya Pagar Nusa. Ke depannya, sinergitas dan silaturrahmi tersebut harus terus menguat demi kemajuan Kuningan.

“Kami bukan hanya sebatas organisasi untuk melahirkan pendekar, namun kami juga memiliki kepedulian dan tanggungjawab akan generasi muda agar  menjadi pendekar yang memiliki budi pekerti, dimana yang lebih kecil hormat kepada yang lebih atas dan yang lebih atas sayang pada yang lebih bawah,” harapnya.

Sementara itu, Ketua PW Pagar Nusa  Jawa Barat KH. Asep Saepul Milah berpesan kepada pengurus dan anggota  untuk  terus memperkokoh dan memperkuat perjuangan di Pagar Nusa dan menjaga tali silaturahmi dengan para kiai untuk tawadhu dan taat serta lebih cinta lagi. 

Dikatakan, bukan hanya berkekuatan dengan fisik tapi doa kiai merupakan energi dan suplemen kekuatan Pagar Nusa.  Untuk itu teruslah beristiqomah.

Kemeriahan dengan berbagai atraksi dan ibingan pencak silat diiringi terompet dan gendang menjadi kebanggaan dan haru. Hal ini menunjukan mereka yang dilatih bisa menunjukan kemampuannya apalagi terompet itu seolah memanggil bahwa inilah bagian seni tradisi jati diri bangsa yang mesti dilestarikan. 

Harlah tersebut di hadiri Para Kyai, Kapolsek Pancalang, Kepala Kesbangpol, Banser, pengurus Anak Cabang Pagar Nusa, dan berbagai Paguron lainnya.(rdk)

Posting Komentar untuk "Harlah Pagar Nusa ke-38 Diisi Istighosah dan Berbagai Atraksi"