Loading...

Mangsa 4 Ekor Ayam, Ular Piton Sepanjang 4,5 Meter Berhasil Ditangkap, Petugas Damkar Sempat Kesulitan Lakukan Evakuasi

 

KUNINGAN (OKE)- Petugas Damkar Kuningan berhasil menangkap ular piton sepanjang 4,5 meter di Rt 02/02 Desa Babakanreuma Kecamatan Sindangagung. Ular tersebut masuk ke kandang ayam milik pasangan Ahmad (45) dan Iin Indrawati.

Ular tersebut sempat memangsa 4 ekor dan aksinya diketahui oleh pemilik sehingga meminta bantuan kepada petugas Damkar Kuningan. Kejadian terjadi pada Minggu (24/3/2024) dini hari pukul 03.00 WIB.

Menurut keterangan Ahmad  pada pukul 00.30 WIB  mendengar suara ayam berisik, kemudian menyuruh menantunya  yang bernama Yayat(28) melihat dan memeriksa kandang Ayam.

Setelah dilihat  ternyata terlihat seekor ular sanca di kandang ayam tersebut sedang melilit ayam, karena dikhawatirkan membahayakan dan serta  takut, kemudian M. Rizki tetangganya  melaporkan langsung ke Kantor UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan untuk meminta bantuan mengevakuasi ular tersebut. 

Setelah menerima laporan tersebut 5 Anggota  berangkat ke lokasi. Petugas butuh waku 30 menit untuk mengevakuasi ular tersebut. Hal ini karena ular dari kandang ayam masuk ke dalam kolam yang berada dibawah kandang dengan kedalaman kolam/air -+2 Meter sehingga menghambat proses evakuasi.

Menurut Ketua UPT Damkar Kuningan Andri Arga Kusumah, berikut cara untuk mencegah agar ular tidak masuk ke rumah atau berada di sekitar rumah, yang pertama  bersihkan pekarangan rumah dan hindari menumpuk barang-barang yang sudah tidak terpakai

Kemudian, usir hewan yang menjadi mangsa ular, tempatkan hewan peliharaan di tempat aman,semprotkan pengharum rumah. Lalu, isi lubang dengan benda padat yang berpotensi ular masuk.

Selanjutnya, pakai kapur barus atau bahan aroma yang wangi dan lainya akan menggangu sensor penciuman ular dalam mencari mangsa sehingga ular tidak akan masuk ke dalam rumah. (rdk)


Posting Komentar untuk " Mangsa 4 Ekor Ayam, Ular Piton Sepanjang 4,5 Meter Berhasil Ditangkap, Petugas Damkar Sempat Kesulitan Lakukan Evakuasi "