Loading...

Mengenal Graha Wangi, Dulu Kantor Tentara Belanda, Kini Direnovasi Karena Bangunan Heritage Seperti ITB


KUNINGAN (OKE)- Bangunan peninggalan Belanda di Kabupaten Kuningan tidak banyak namun ada. Salah satunya adalah Graha Wangi yang berada di Jalan Veteran atau depan SDN 2 Kuningan.

Sejak lama bangunan ini tidak diperhatikan oleh pemerintah padahal nilainya sejarahnya tinggi. Selama ini hak guna bangunan dipegang oleh Yayasan Arya Kemuning. Tapi sertifikatnya ada di Pemkab Kuningan.

Setelah dilakukan penelitian ternyata gedung ini sama seperti ITB dan ketika hal ini diketahui oleh Pj Bupati Kuningan akhirnya minta direnovasi dan dikembalikan ke fungsi awal.

"Kebetulan pengelolaanya oleh yayasan habis sehingga diambil alih Pemkab Kuningan karena tadi setelah diteliti sama seperti bangunan ITB," ujar Kepala BPKAD Kuningan Dr Asep Taufik Rohman MSi MPd ketika ditanya mengenai alasan Graha Wangi direnovasi, belum lama ini.

Pasca direnovasi kata dia, akan dijadikan museum perpustakaan dan hal ini bagian dari mendukung pariwisata di Kabupaten Kuningan. Seperti diketahui saat ini Pemkab sudah melaunching Kuningan Beu.

"Intinya sekarang kita kembalikan ke asal dulu karena Graha Wangi merupakan bangunan heritage," tandas pria yang dipanggil Opik.

Sementara itu, dari pantauan kuninganoke.com, bangunan tersebut memang sudah mulai direnovasi, pohon yang ada di depan gedung sudah di tebang. Warung  dan  pedagang bakso pun sudah pindah karena memang kontraknya sudah habis.

Dari kabar bangunan itu hanya digunakan untuk olahraga yakni bulu tangkis. Tentu dengan direnovasi dan menjadi kawasan wisata akan banyak manfaat karena merupakan bangunan bersejarah.

Terpisah, Pemerhati Sejarah Kuningan Nding Masku menyebutkan, Graha Wangi merupakan bangunan Belanda yang dulu digunakan sebagai kantor resimen  tentara Belanda. Dengan adanya renovasi ia sangat setuju.

"Saya sempat dengar kabar bangunan beralih menjadi milik pribadi ternyata tidak dan alhamdulillah akan dijadikan bangunan heritage," jelasnya.

 Menurutnya, bangunan peninggalan Belanda ada yang tidak terawat dan hancur. Sebagai bukti yang di depan Desa Bojong Kecamatan Cilimus. Dulu bangunan itu menjadi tangsi atau barak. Tangsi  merupakan tempat berdiam sementara para serdadu.(rdk)


    

Posting Komentar untuk "Mengenal Graha Wangi, Dulu Kantor Tentara Belanda, Kini Direnovasi Karena Bangunan Heritage Seperti ITB"