Loading...

Pengurus DPD Lasqi Dilantik, Gelar Festival Rabina Klasik dan Qosidah, Pesertanya Pelajar

KUNINGAN (OKE)- Seni musik rebana klasik dan qasidah terus dilestarikan. Caranya dengan digelar festival dan pesertanya adalah dari kalangan umum dan anak-anak. Hal ini yang dilakukan oleh DPD Lembaga Seni Qosidah Nusantara Jaya Kabupaten Kuningan. 

Mereka menggelar acara tersebut pda Minggu (31/3/2024) di gedung Kesenian Raksawacana. Acara yang dibuka Sekda Kuningan Dr H Dian Rachmat Yanuar itu sekaligus dengan pelantikan pengurus DPD Lasqi periode 2023-2026.

Sekda Dian mengatakan rebana klasik dan seni qasidah bukan hanya sebagai bentuk hiburan, tetapi juga sarana untuk menyebarkan nilai-nilai kebaikan, keindahan, dan kedamaian.

“Festival ini bukan sekadar perayaan budaya lokal, tetapi juga merupakan wujud dari semangat keberagaman dan kekayaan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Kabupaten Kuningan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dian  mengatkan, apresiasi dan pelestariaan seni ini, masyarakat tidak hanya memperkuat identitas budaya, tetapi juga meningkatkan rasa saling menghargai akan khazanah seni budaya yang dimiliki bangsa.

Dalam perkembangannya  orang tiga di kota kuda itu berharap, peserta yang mengikuti baik dari kalangan umum dan anak-anak dari tahun ke tahun jumlah pesertanya terus bertambah. Khusus  bagi pemenang akan diundang untuk hadir mengisi acara di Pendopo.

Dalam kesempatan itu juga Sekda Dian mengucapkan selamat kepada Dewan Pimpinan Daerah LSQI Indonesia yang baru dilantik, semoga amanah yang telah dipercayakan dapat dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Sementara itu, Ketua Panitia Rebana Agung, menyebutkan untuk peserta kategori umum yang mengikuti adalah  grup dari Asyifa dari Desa Kaduagung, Al-Hidayah dari MT-Al-Hidayah Desa Haurkuning. Lalu,  Al-Barokah Desa Paninggaran, Nuril Falah Desa Maleber, Annamujaziyah MT Annamu Jaziyah Baiturahman Desa Bojong, dan Al-Humaira Desa Parakan.

Sementara itu, untuk kategori anak, diantaranya SDN 1 Cigadung, SDN Padamenak, Al-Malikul Karim MDTA Al Istiqomah Desa Cikadu. Lalu, SDN 1 Winduhaji, SDN 17 Kuningan, dan SDN 2 Winduherang turut serta memeriahkan acara.(rdk)

Posting Komentar untuk "Pengurus DPD Lasqi Dilantik, Gelar Festival Rabina Klasik dan Qosidah, Pesertanya Pelajar "