Loading...

6 Orang Meninggal Karena DBD, Pj Bupati Kuningan Galakan Jumsih


KUNINGAN (OKE)- Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan, Penjabat Bupati Kuningan, Iip Hidajat memimpin pelaksanaan Kegiatan Operasi Bersih Jumat Bersih di sepanjang bantaran Sungai Citamba Kelurahan Awirarangan, Jumat (19/04/2024).

Komponen peserta kegiatan tersebut mulai dari Karang Taruna Awirarangan, Forkopimcam Kuningan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup bersama team dan Kepala Dinas PUTR bersama team. 

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Bupati beberapa waktu lalu yang menganjurkan pelaksanaan Jumat Bersih di setiap lingkungan SKPD, Kecamatan dan lingkungan Desa/Kelurahan.

Iip Hidajat mengungkapkan bahwa kesehatan di Kuningan terutama kasus DBD sedang tidak baik-baik saja. Kuningan masuk 4 Kabupaten/Kota tertinggi di Jawa Barat dalam hal total kasus DBD.

“Hal ini menjadi perhatian Pemerintah Daerah mengingat sudah ada total 6 Kasus meninggal karena DBD di Kuningan dengan kematian Comorbid (Komplikasi). Maka kami ingin memastikan lingkungan di setiap Desa dan Kelurahan senantiasa bersih sehingga mencegah DBD dan menghentikan kasus agar tidak lebih buruk.” Kata Iip.

Menurut Iip, kegiatan pembersihan di Sungai Citamba Awirarangan ini bukan hanya pelaksanaan Jumsih rutin tetapi juga tindaklanjut perbaikan pada rembesan air sungai Citamba yang menyebabkan rumah warga menjadi retak.

“Kami telah mengeluarkan surat edaran untuk pelaksanaan kegiatan rutin Jumat bersih agar dilakukan setiap SKPD, Kecamatan, Desa dan Kelurahan. Kegiatan Jumsih hari ini di Sungai Citamba Awirarangan juga sebagai tindak lanjut keluhan masyarakat yang tembok rumahnya retak, kami akan perbaiki sehingga tidak ada lagi rembesan dari Citamba yang merusak struktur tanah dan bangunan” Ujar Iip.

Iip berharap, melalui Jumat Bersih ini dapat menjadi kebiasaan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat serta menjadi media untuk saling bersosialisasi dan menumbuhkan kembali budaya gotong-royong.(Rdk)

Posting Komentar untuk "6 Orang Meninggal Karena DBD, Pj Bupati Kuningan Galakan Jumsih"