Loading...

Haul Akbar Kiayi Haji Ahmad Shobari, Ulama Besar yang Sebarkan Agama Islam di Tatar Pasundan

KUNINGAN (OKE)- Penjabat Bupati Kuningan, Dr. Drs. H. Raden Iip Hidajat, Mpd menghadiri acara Haul Akbar Kiyai Haji Ahmad Shobari serta sesepuh Pondok Pesantren Khas Ciwedus, Jumat malam (26/04/2024) bertempat di Lapangan pondok pesantren Pusaka Khas Desa Timbang, Kecamatan Cigandamekar.

Haul KH Ahmad Sobari selaku ulama penerus Pondok Pesantren Pusaka Ciwedus merupakan Haul Kali ke 9 yang diselenggarakan oleh pihak pesantren dan keluarga.

Prakata Panitia sekaligus selayang pandang mengenai KH Ahmad Sobari oleh Ahmad Mustofa agil yang mengatakan bahwa sejak umur 0 hingga 12 tahun, Ahmad Sobari di didik secara agama oleh ayahnda beliau, Mama Adro’i. Dimana Ahmad Sobari dapat menghapal Al-Quran 30 Juz beserta tafsirnya.

Usul punya usul, Ahmad Sobari secara silsilah adalah keturunan ke 13 Syarif Hidayatulloh (Sunan Gunung Jati) dan Keturunan ke 36 Rasulullah SAW.

Kemudian oleh ayahanda, Ahmad Sobari di masukan pesantren Bangkalan Madura, tetapi ketika gurunya mengetahui bahwa Ahmad Sobari sudah paham 30 Juz Al-Quran pada usianya yang ke 12 tahun, Ia disuruh untuk ternak kambing di Hutan.

Karena rasa patuh dan ajaran Sami’na Wa a’tona inilah Ahmad Sobari terus menernak kambing hingga 12 tahun. Hingga akhirnya Ahmad Sobari dijemput oleh sang ayah untuk meneruskan Ponpes Ciwedus.

Karena karomahnya ini, Ahmad Sobari akhirnya menyebarkan agama islam di tanah Pasundan, dan diyakini oleh keluarganya bahwa 90 persen Pesantren di Jawa Barat muasalnya dari KH Ahmad Sobari.

Dalam sambutan singkatnya, Iip Hidajat mengaku terkesan mengenai sejarah tentang KH Ahmad Sobari. Menurut Iip, cerita ini menjadi hal menarik yang menguatkan keberadaan Pondok Pesantren Ciwedus serta menambah kekayaan cerita asli tokoh Kuningan.

Terkait Haul ini, Iip Hidajat memberikan apresiasi dan menyambut baik karena berkenaan dengan sarana mendoakan para leluhur serta oang tua.

“Mudah-mudahan kegiatan ini merupakan bagian dari ibadah kita kepada Allah SWT serta menjadi sarana untuk menghormati jasa orang tua – orang tua kita” Ujar Iip.

Posting Komentar untuk "Haul Akbar Kiayi Haji Ahmad Shobari, Ulama Besar yang Sebarkan Agama Islam di Tatar Pasundan"