Loading...

Beda Pimpinan, Seragam Kontingen Kuningan Tidak Gunakan Warna Merah

KUNINGAN (OKE)- Kontingen Kabupaten Kuningan yang akan berlaga di Popwilda Jumat (26/4/2024) siang dilepas Pj Bupati Kuningan Iip Hidajat di Halaman Kantor Disporapar Kuningan,

Total ada 120 atlet pelajar yang akan bertarung di Pekan Olahraga Pelajar Wilayah  Daerah dan kebetulan Kuningan menjadi tuan rumah wilayah 3. Sedangkan pelatih ada 24 dan 29 official 

Total ada 7 daerah. Mereka adalah Kuningan, Sumedang,Majalengka, Indramayu. Lalu, Cirebon, Kota Cirebon dan Kabupaten Pangandaran. Untuk jumlah cabor yang dipertandingan ada 8.

Meliputi  Bola Basket di GOR Ewangga, Bola Voli di GOR Ewangga. Lalu, Bulu tangkis  di GOR Anrimusti Kuningan, Penca silat di Student Center Uniku,  Tenis Meja, ,Sepak Takraw  GOR Balai Desa Jalaksana.

Sementara tenis lapangan  di Lapangan Horison Tirta Sanita, Tenis Meja di GOR PTMSI Kuningan. Sedangkan technical meeting digelar Senin 29 April di SMAN 3 Kuningan.

Berbeda dengan sebelumnya, pada Popwilda kontingen Kuningan menggunakan seragam putih dengan kombinasi kuning. Hal ini tentu berbeda dengan sebelumnya yang biasa dominan warna merah.

Sebagai bukti pada ajang Porpemda warna seragam kontingen Kuningan merah . Namun  tidak dominan merah, ada beberapa kombinasi warna lain yakni kuning, biru hijau dan traning merah.

Adanya perubahan warna tidak terlepas dari bergantinya pimpinan dari Acep Purnama ke Pj Bupati Kuningan H Iip Hidajat. Pada sebuah kesempatan ia mengaku, untuk warna kebesaran Kuningan akan dibahas agar punya warna resmi.

Sekadar informasi, selama Bupati Kuningan dijabat oleh Acep Purnama identik warna yang digunakan kontingen Kuningan dalam setiap event olahraga adalah merah. Padahal, ketika Bupati dijabat oleh Bupati H Aang Hamid Suganda (alm)  sempat menggunakan warna biru dengan kombinasi kuning.

Sementara pada era Bupati Aripin warna kebesaran di tiap event olahraga adalah kuning dan biru. Hal ini sesuai dengan warna lambang daerah.

Perlu diketahui selama ini warna kebesaran setiap daerah biasanya diambil dari warna lambang daerah atau kalau negara dari bendera. Sedangkan yang menjadi pertanyaan warna merah kontingen Kuningan dari mana?

Apabila mengacu pada warna di lambang daerah Kuningan tidak ada merah yang ada hijau, putih,hitam, biru  dan kuning emas. Banyak yang berbicara kepada kuninganoke.com. warna merah karena penguasa Kuningan berasal dari warna  merah.

Menurut Pemerhati Sejarah dan Budaya Kuningan, Nding Masku, pemilihan warna merah pada warna kebesaran kontingen Kuningan karena selera. Apabila mengacu kepada sejarah diluar warna lambang daerah, bendera Kuningan itu hitam dengan warna emas.

"Selain hitam dan warna emas di bendara, ada juga gambar gunung dan sungai. Warna ini juga yang digunakan pada jamaan kerjaan. Terkait warna biru dan kuning digunakan pada jersey Pesik dan kontingen Kuningan di era bupati sebelumnya digunakan belum  belum ini," jelasnya.

MAKNA UMUM LAMBANG DAERAH KABUPATEN KUNINGAN
Dengan modal semangat dinamis, konstruktif, sportif, semangat menegakkan keadilan, melenyapkan kebathilan, sanggup berjuang membangun dan bertaqwa kepada Allah SWT untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

ARTI UNSUR-UNSUR LAMBANG DAERAH

Dasar
Perisai berbentuk lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia berarti tenang, penegak keamanan Pancasila dan UUD 1945 serta lambang keadaan yang selalu aman, tenteram dan sejahtera.

Kuda Jantan
Melambangkan sifat masyarakat kuningan yang dinamis, konstruktif, kretif, sportif, semangat menegakan keadilan dan melenyapkan kebathilan. Dalam sejarah perjuangan leluhur Kuningan dan masa gerilya dalam Kabupaten Kuningan, kuda digunakan sarana angkutan dan juga digunakan sebagai alat perjuangan, serta terkenal dengan Leutik-leutik kuda Kuningan (Kecil-kecil kuda Kuningan).

Gunung Ciremai
Menunjukan Kuningan berada di kaki gunung Ciremai, gunung tertinggi di Jawa Barat dengan tanahnya yang subur, udaranya sejuk dan nyaman, cocok untuk daerah wisata.

Air Sungai Lima Gelombang
Air sungai melambangkan bahwa Kabupaten Kuningan memiliki lima sungai yang besar, yaitu Cisanggarung, Cijolang, Cisande, Cijangkelok dan sungai Citaal.

Bokor Kuning
Melambangkan sejarah lahirnya Sang Adipati Kuningan yang kemudian menjadi kepala pemerintahan pertama di Kuningan pada tanggal 1 April 1498. Bokor Kuning diartikan juga sebagai lambang lahirnya Pemerintah Kabupaten Kuningan pada tanggal 1 September 1498.

Padi
Melambangkan kesuburan di bidang pangan.

Kapas 
Melambangkan kesuburan di bidang sandang.

ARTI WARNA
Hijau : Kemakmuran, kesejukan, ketenangan dan harapan (optimis)
Putih : Kesucian, kebersihan, kejujuran, keadilan dan kewibawaan
Hitam : Tegak, kuat, kebenaran, ampuh dan teguh
Biru :Kesetiaan, ketaatan, kepatuhan, kebesaran jiwa, berpandangan luas, perasaan halus, rendah hati dan berjiwa besar
Kuning Emas : Kesejahteraan, keagamaan, keagungan, keluhuran dan keluhungan

Posting Komentar untuk "Beda Pimpinan, Seragam Kontingen Kuningan Tidak Gunakan Warna Merah"