Loading...

272 Pejabat Dilantik Ini Pesan Bupati

KUNINGAN (OKE)- Sebanyak 272 Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemkab Kuningan dilantik dan diambil sumpah oleh Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, MH, bertempat di Gedung Graha Sajati BKPSDM Kabupaten Kuningan Jl. Desa Cikaso Kecamatan Kramatmulya, Kamis (15/12/2022).

Pelantikan disaksikan Sekda Kab. Kuningan Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, dilanjutkan penandatangan sumpah jabatan dan penyerahan pelantikan SK secara simbolis.

Mereka terdiri dari 53 orang hasil pengangkatan pertama sesuai Peraturan BKN No 11 Tahun 2022. Dimana calon PNS setelah diangkat sebagai PNS paling lama 1 tahun harus diangkat dalam jabatan fungsional dengan angka kredit ditetapkan sebesar nol. Terkecuali untuk pengangkatan pertama guru terlebih dahulu harus memiliki sertifikat pendidik.

Kemudian 214 orang yang diangkat dari terpenuhinya angka kredit kumulatif dan persyaratan lain untuk kenaikan jabatan setingkat lebih tinggi dan salah satu syarat untuk kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi.

Terakhir 5 orang diangkat melalui perpindahan terlebih dahulu harus mengikuti dan lulus uji kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultural sesuai standar kompetensi yang telah disusun oleh instansi pembina.

Dalam sambutannya Bupati Acep mengatakan, jabatan fungsional merupakan jabatan yang strategis, karena jenjang karier pejabat fungsional terbuka luas. jabatan fungsional berbeda dengan jabatan struktural. jabatan ini melekat pada profesi, bersifat mandiri dan terukur dengan melakukan penghitungan dan akumulasi setiap butir-butir kegiatan dalam bentuk angka kredit.

Lanjutnya, kenaikan jabatan juga tidak tergantung pada masa kerja tapi menitikberatkan pada angka kredit yang dikumpulkan sehingga kenaikan pangkat pejabat fungsional bisa lebih cepat dari pejabat struktural. 

"Oleh karena itu, saya menghimbau kepada pimpinan perangkat daerah yang membawahi jabatan fungsional hendaknya mendukung dan memberikan fasilitas kepada para pejabat fungsional ini sesuai dengan butir kegiatannya sehingga dapat memenuhi angka kredit yang ditetapkan demi meningkatkan Pelayanan Publik Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan,"ujarnya.

Bupati Acep menuturkan, bagi yang dilantik agar memegang teguh dan melaksanakan esensi sumpah yang mengandung konsekuensi dan konsisten dalam melaksanakan tugas dan penugasan.

“Sehingga apapun yang menjadi keputusan, untuk segera berkonsolidasi dengan rekan sejawat kerja, pimpinan dan beradaptasi ditempat kerja,” ujarnya.

Bupati Acep menegaskan, tingkatkan kapasitas dan integritas di lingkungan kerja masing-masing. Dengan menunjukan hasil kerja yang baik dalam memberikan pelayanan dengan efektif dan efisien dan Kuasai psikologis peserta didik.

Dalam menjalankan kepemimpinan, Ia mengingatkan untuk menerapkan jiwa sejati yang merupakan akronim dari santana/ handap ashor dalam memberikan pelayanan, basajan/sikap kesederhanaan, tutur kata yang baik, dan Santika/lakukanlah kepemimpinan untuk bisa responsif, peduli, dan senyuman.

Selain itu, Bupati Acep menegaskan, agar beradaptasi dengan kemajuan digitalisasi. Mari berkarya selama hayat dikandung badan. Jadikanlah momentum pelantikan sebagai komitmen untuk bekerja yang lebih baik, tunjukan dengan prestasi yang baik. Dan Junjung Tinggi Etika ASN Dimanapun Berada.

“Kenaikan jabatan juga tidak tergantung pada masa kerja tapi menitikberatkan pada angka kredit yang dikumpulkan. Sehingga kenaikan pangkat pejabat fungsional bisa lebih cepat dari pejabat struktural,” jelas bupati, diamini Plh Kepala BKPSDM Kuningan Ucu Suryana

Posting Komentar untuk "272 Pejabat Dilantik Ini Pesan Bupati"