Loading...

Dapat Bantuan Operasional, Ketua RT, RW dan LPM Dapat Bekal Lebaran

KUNINGAN (OKE)-Menjelang lebaran Ketua RT, Ketua RW dan LPM (Lembaga  Pemberdayaan masyarakat)  sumringah. Pasalnya mereka mendapatkan bantuan biaya operasional dari Pemkab Kuningan.

Besarannya Rp600 ribu untuk Ketua LPM, dan Ketua  RT dan RW masing-masing Rp500 ribu. Bantuan itu secara simbolis, diserahkan oleh Penjabat Bupati Kuningan, Dr. Drs. H. Raden Iip Hidajat, Mpd pada Rabu (3/4/2024) di Pendopo.

Hal ini sesuai dengan kebijakan yang tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Kuningan Nomor 5 Tahun 2023 tentang APBD Tahun Anggaran 2024.

Selain itu sesuai dengan Peraturan Bupati Kuningan Nomor 54 Tahun 2023 tentang Penjabaran APBD Tahun Anggaran 2024, mengenai Penetapan Alokasi Bantuan Biaya Stimulan Operasional Rukun Tetangga, Rukun Warga dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan se-Kabupaten Kuningan Tahun Anggaran 2024.

Sasaran peruntukan bantuan biaya stimulan ini sebanyak 575, yang terdiri dari 457 RT, 118 RW. Sedang 15 LPM Kelurahan se-Kabupaten Kuningan.

Pj Bupati Iip Hidajat berharap stimulan ini dapat memperkuat komitmen dan pengabdian diri dari ketua RT, RW dan LPM kelurahan se-kelurahan kabupaten kuningan dengan melaksanakan tugas dengan baik demi kemaslahatan masyarakat.

Iip menilai para ketua RT, RW dan LPM  merupakan salah satu ujung tombak keberhasilan program Pemerintah Daerah yang merupakan komponen paling tahu kondisi real masyarakat di masing-masing Kelurahan.

“Ketua RT maupun Ketua RW pasti lebih tahu keadaan di masyarakat. Misalnya jika terjadi kemalingan, kebakaran atau hal lain. Maka agar langsung bertindak cepat dengan berkoordinasi langsung ke unit Pemerintah Daerah agar hal-hal yang meresahkan dapat cepat tertangani," ujar Iip.

Terakhir, Iip   berharap agar Ketua RT, RW dan LPM mampu mengantisipasi terjadinya kemungkinan gangguan ketentraman dan ketertiban wilayahnya masing-masing.

“Kemudian jika terdapat permasalahan, Lurah segera melaporkan kepada Camat/SKPD terkait sekiranya memerlukan bantuan, akan lebih baik lagi dapat diselesaikan pada tingkat kelurahan atau kecamatan terutama dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H,"  tutup Iip.(Rdk)

Posting Komentar untuk "Dapat Bantuan Operasional, Ketua RT, RW dan LPM Dapat Bekal Lebaran"