Loading...

Gerakan Pangan Murah di Ciomas Lancar, Kadiskatan: Alhamdulilah, Digelar Serentak di 524 Daerah

KUNINGAN (OKE)- Gerakan Pangan Murah (GPM) digelar secara serentak di 38 provinsi dan 524 kabupaten/kota. di Kabupaten Kuningan  Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kuningan memilih  Desa Ciomas Kecamatan Ciawaigebang sebagai lokasi GMP.

Kegiatan ini digagas ole Badan Pangan Nasional. Mereka pada Senin (1/4/2024) melaksanakan  apel siaga pengamanan pasokan dan harga pangan periode HKBN jelang Idul Fitri 2024

Acara sendiri dibuka oleh Pj Bupati Kuningan Iip Hidajat. Menurut Iip, pasar hukum pelaksanaan GPM serentak saat ini yaitu UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, PP Nomor 17 Tahun 2025 tentang Ketahanan Pangan dan Gizi, dan Keputusan Kepala Bapanas Nomor 05/TS.02.02/K/I/2024 tentang Pedoman Umum Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Tahun 2024.

“Tujuan dilaksanakan GPM Serentak ini yaitu untuk menjaga stabilisasi ketersediaan, stok, harga pangan di tingkat konsumen maupun produsen," ujarnya.

Dikatakan,  dengan akses pangan murah diharapkan menjadi salah satu langkah dalam mengendalikan harga pangan di Kabupaten Kuningan. Kemudian meningkatkan keterjangkauan atau aksesibilitas masyarakat dalam pemenuhan bahan pangan yang murah. Harga bahan pangan di GPM semua murah, dan dibawah harga pasar.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan Dr. Wahyu Hidayah, M.Si mengatakan GPM serentak dilakukan bersama secara hybrid dengan 38 Provinsi dan 524 Kabupaten/Kota di Indonesia. 

“Alhamdulillah GPM serentak yang kami gelar di Desa Ciomas Kecamatan Ciawigebang berjalan lancar dan sukses. Kami apresiasi antusias warga Desa Ciomas, tetap menjaga ketertiban selama GPM berlangsung”.

Lebih lanjut Wahyu mengatakan,  komoditas  yang dihadirkan di GPM serentak Desa Ciomas yaitu  pangan pokok beras SPHP sebanyak 10 ton, beras premium 1,5 ton , daging sapi 200 kg. Lalu, telur ayam 250 kg, daging ayam dan olahannya sebanyak 250 kg.

"Selain itu, bawang merah 100 kg, bawang putih 50 kg, cabai merah keriting 25 kg, cabai rawit merah 25 kg, terigu 200 kg, dan gula pasir 400 kg,” ujarnya.(rdk)

Posting Komentar untuk "Gerakan Pangan Murah di Ciomas Lancar, Kadiskatan: Alhamdulilah, Digelar Serentak di 524 Daerah "