Loading...

Sekda Jabar Pastikan Pelaksanaan Mudik Berjalan Aman Termasuk di Kuningan

KUNINGAN (OKE)-Kabupaten Kuningan merupakan wilayah akan didatangi oleh pemudik karena warganya mayoritas adalah perantau. Mengetahui hal ini Sekda Jabar Drs Herman Suryatman memastikan pelaksanaan mudik di wilayah Jawa Barat (Jabar) berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar.  Hal ini termasuk di wilayah Kabupaten Kuningan.

Pernyataan ini dikatakan sekda usai  melakukan monitoring  di dampingi Pj Bupati Drs. H. Raden Iip Hidajat, M.Pd  bersama Sekda Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si pada Senin (8/4/2024).

Monitoring tersebut, titik kumpul di Tugu Ikan Sampora, lanjut meninjau pelayanan  RSUD 45 Kabupaten Kuningan. Di lokasi Sekda Jabar masuk ke beberapa ruangan dan sempat melakukan komunikasi dengan  keluarga pasien. 

Dilanjutkan ke eks SDN 17 yang dalam proses pembangunan Puspa Siliwangi,  Taman Kota,  kemudian  meninjau langsung pelaksanaan program  Operasi Pasar murah bersubsidi di Kelurahan Cigugur.

“Saat ini saya sedang melakukan monitoring pengamanan Lebaran 1445 Hijriah ke Kabupaten Kuningan, lanjut sebentar lagi ke Kabupaten Majalengka," ujar sekda lagi.

Diterangkan fokus Pemprov Jabar, diantaranya memantau dan  memonitor kondisi perhubungan lalu lintas dan berjalan  lancar.   

Hal ini semua ini berkat sinergi semua pihak, pemerintah pusat, Pemprov, Pemda kab/kota. Termasuk juga sinergitas Pj Bupati Kuningan dengan Sekda Kuningan.

Selain itu, Sekda Jabar menyebutkan, memantau juga pelayanan kesehatan, mulai Puskesman hingga Ruah Sakit dengan layanan  1 x 24 termasuk ambulance juga siaga. 

"Tadi di lapangan, sesudah dicek dan ngobrol dengan puluhan warga, ternyata layanannya cepat dan ramah," ujarnya.

Saat berada di Kelurahan  Cigugur, Kecamatan Cigugur memantau pelaksanaan Opadi, dijelaskan Sekda Jabar, bahwa Opadi itu Operasi pasar murah bersubsidi, subsidinya dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

"Jadi per paket itu harganya Rp146.700,- tapi kita subsidi sebesar Rp45.700. Kemudian oleh pak bupati juga disubsidi Rp1.000,- jadi sampai ke masyarakat itu Rp1.00.000," sebutnya.

Dengan Rp100.000,-/paket di dalamnya ada beras 5 Kg, Gula 2 Kg dan Minyak Goreng 2 Kg. Pemprov Jabar menyiapkan 161.000 paket untuk didistribusikan ke 27 Kabupaten/kota di Jawa barat dan sudah selesai sekarang. Putaran terakhir  di Kuningan dan nanti sore di Majalengka.

Menurut Sekda Jabar,  Pemerintah Provinsi Jawa barat, pak gubernur sangat konsen terhadap ketahanan pangan, sangat konsen terhadap ketersediaan bahan pokok. Terutam dalam menghadapi hari raya Idul Fitri.

“Kami memastikan semua tersedia stoknya, tersedia harganya terjangkau, komunikasi efektif dan yang tidak kalah penting distribusinya juga lancar. Itulah hakekat dari pengendalian inflasi yang menjadi komitmen kami Pemprov Jabar,” ucapnya.

Sementara Pj Bupati Kuningan menyampaikan, terima kasih atas monitoring  Sekda Jawa Barat  hadir di Kuningan, dari awal mulai di tugu ikan untuk melihat pengamanan, kesiapan, kesehatan, dan pasar sedikit dilihat, pos gatur, dan opadi. 

"Alhamdulillah dengan kehadiran beliau memberikan motivasi bagi kami," ujarnya.

Ditempat yang sama  Sekda Dian, menyebutkan kunjungan Sekda Jabar  ke Kuningan selama 2 jam banyak menginspirasi, terutama  untuk pelayanan kepada masyarakat Kuningan. 

Ikut hadir juga mendampingi monitoring  Kadishub,  DPUTR, BPBD, Satpol PP,  Diskopdagperin. Lalu, Dinkes, Direktur RSUD Linggajati, Direktur RSUD 45, dan Disporapar Kuningan.(Rdk)

Posting Komentar untuk "Sekda Jabar Pastikan Pelaksanaan Mudik Berjalan Aman Termasuk di Kuningan "