Loading...

Tertutup Longsor Sejak Kamis, Minggu Jalur Cipasung-Subang Bisa Dilintasi

KUNINGAN (OKE)- Kerja keras petugas gabungan yang terdiri dari BPBD, Damkar, TNI, Polri, perangkat desa dan warga membersihkan material longsor,  akhinya Jalan Cipasung-Selajambe-Subang Minggu (14/4/2024) bisa dilintasi. 

Pembersihan material longsor menggunakan 2 alat berat yang difokuskan di Blok Camas Desa Cantilan Kecamatan Selajambe. Pembersihan selama dua hari.

Seperti diketahui titik longsor terletak di empat titik yakni Blok Babakan Sari Desa Cimenga Kecamatan Darma, Blok Sadagung dan Blok Batu Hurip Desa Padahurip Kecamatan Selajambe, serta  Blok Honje/Camas Desa Cantilan Kecamatan Selajambe.

Untuk melihat perkembangan pembersihan material, Sekda Kuningan Drs H Dian Rachmat Yanuar MSi yang juga Kepala BPBD Kuningan meninjau ke TKP untuk kedua kalinya, setelah sebelumnya pada Sabtu (13/4/2024).

Setelah menunggu selama  1 jam tepatnya pukul 09.30 WIB ,mobil dinas Sekda sudah bisa melintas, Kemudian, dilanjutkan pengendara lainnya yang sudah antre panjang.

Pengendara sendiri sangat senang jalan bisa dilantasi karena mereka untuk Kuningan ada yang sampai 3,5 jam. Jalan alternatif itu adalah Rajadesa-Panawangan- Cikijing. Sedangkan, jalan alternatif yang disarankan BPBD Kuningan, Kuningan-Cikijing-Rancah-Subang, Kuningan-Luragung-Ciwaru-Subang.

Irwan warga Subang yang berada dalam antrian mobil menyampaikan terima kasih kepada Pemda Kuningan atas penanganan longsor ini, sehingga jalan bisa dilintasi. Ia berharap penanganan pasca longsor juga dapat dilakukan.

Sementara itu, Sekda Dian ikut bersyukur penanganan longsor yang lebih cepat dari yang direncanakan, sehingga siang ini bisa dilewati pengendara baik roda dua maupun empat.

"Selanjutnya akan dilakukan pembersihan sisa longsoran oleh BPBD Kuningan dengan UPTD Damkar," ujar sekda.  

Sebelumnya Sekda Dian didampingi Kalak BPBD Kuningan Indra Bayu Permana melakukan monitor langsung ke empat titik tersebut. Atas penangan longsor, Sekda menyampaikan terima kasih kepada tim gabungan yang sudah bekerja keras.

Sementara itu, Kalak BPBD Indra menerangkan longsor terjadi pada Kamis malam di  di titik Desa Cimenga, Blok Gase Desa Padahurip. Dan yang paling berat di  Blok Camas atau Honje perbatasan antara Desa Padahurip dan Desa Cantilan Kecamatan Selajambe dengan ketebalan longsoran hingga 2-4 M dengan panjang 100 M. 

"Percepatan penanganan dilakukan siang malam menggunakan 2 alat berat, siang ini akan dilakukan pembersihan sisa longsoran," ujarnya.(rdk)

Posting Komentar untuk "Tertutup Longsor Sejak Kamis, Minggu Jalur Cipasung-Subang Bisa Dilintasi"