Loading...

Hancurkan Bali United, Persib Bandung ke Grand Final

 

KUNINGAN (OKE)- Penampilan apik Persib melawan Bali United pada leg kedua semifinal Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 pada Sabtu (18/5/2024) di Stadion Si Jalak Harupat  membuat Maung Bandung lolos ke grand final.

Gol kemenangan 3-0 Persib atas tim asuhan Teco itu dicetak oleh Cirro Alves pada menit 31'. Gol ini bermula dari tendangan pojok Mark Klok yang disambut degan heading Nick Kuipers dan bola liar jatuh didekat Ciro.  Dengan sundulan skor berubah menjadi 1-0.

Gol ini bermakna ganda bagi Persib bukan hanya memimpin dengan skor 1-0, tapi juga berpengaruh  secara mental karena pada laga itu Persib ditekan terus oleh Bali United. Tim tamu sejak kick off langsung gacor.

Gol nomor 77 yang pernah memperkuat Brazil U-20 menjadi pembuka kran gol berikut. Ini terbukti ketika Febri Hariyadi pada menit ke-39 atau 8 menit setelah gol pertama lahir.

Gol ini berawal dari serang balik cepat dari Klok yang memberikan umpan terobosan ke David Da Silva. Ternyata Ciro dan Febri berlari di belakang. Bola yang dikuasi oleh DDS itu sempat terlepas dan dibelakang ada Ciro dan langsung memberikan umpan terobosan ke Febri.

Dengan tiga kali dorong Bow langsung melakukan syuting kaki kanan. Bola mendatar tersebut sebenarnya bisa diblok oleh Adilson Maringa tapi bola tetap masuk ke gawang BU dan skor pun menjadi 2-0.

Meski terjadi jual beli serangan, tidak ada gol tambahan pada babak pertama, sehingga Maung Bandung unggul 2-0 atas lawannya yang memang sulit dikalahkan sejak 2017.

Memasuki babak kedua tensi semakin tinggi, Persib langsung melakukan pergantian pemain yakni Febri oleh Edo. Keputusaan ini lebih kearah Bojan cari aman. Pasalnya, Febri sudah mengantongi satu kartu Kuningan.

Keputusan Pelatih plontos asal Kroasia itu berhasil, karena Edo mencetak gol melalui tendang voli pada menit ke-70'. Gol ini setelah ada kerja sama apik antara Edo dengan salah satu pemain Persib.

Bola diangkat melewati pemain Bali dan jatuh ke David. Meski mendapatkan pengawal ketat termasuk duel dengan kiper bola berhasil dikuasai oleh DDS dan bola jatuh tepat di Edo.

Dengan tendangan voli yang cukup keras gol ketiga tercipta. Gol ini sendiri merupakan gol yang membunuh asa BU untuk mengejar Persib. Meski beberapa pemain di masukan oleh Teco, namun pada Sabtu malam starategi Teco buntu. 

Kemenangan ini bukan hanya membuat Persib lolos ke grand final tapi juga bisa memutus rekor buruk setiap kali bermain dengan BU. Sejak 2017 Klok Cs belum pernah menang sehingga menjadi sebuah motivasi bagi pemain Persib.

Dukungan puluhan ribu bobotoh di SJH Soreang Kabupaten Bandung menjadi pemain ke-12 yang membakar semangat pemain. Pada lag itu DDS dan Beltrame tidak tampil optimal. Namun, masih ada Ciro,Febri dan Edo.

Dari hasil statistik pertandingan BU memang lebih dominan dengan penguasaan 61 persen berbanding 39 persen. Namun, Persib menag dalam total tembakan yakni 11: 6, total tendangan ke gawang juga 5:1.

Pada tahun ini para bobot optimis Persib bisa juara, selain karena permainan yang bagus, juga siklus akhiran empat menjadi kunci. Sebelumnya Persib Juara di musim 1994/1995, 2013/204.

Sementara laga grand final dengan sistem home away akan digelar  akhir bulan Mei. Dengan format turnamen Persib selalu keluar juara.(rdk/foto ig persib)  

Posting Komentar untuk "Hancurkan Bali United, Persib Bandung ke Grand Final"