Loading...

Dua Kali Dilantik Jadi Bupati Kuningan, Ini Riwayat Perjalanan Karir Politik Acep Purnama


KUNINGAN (OKE)- Mantan Bupati Kuningan H Acep Purnama tutup usia pada Kamis (23/5/2024) pukul 11.44 WIB di RS Immanuel Kota Bandung. Pasca beres di rawat d RSPAD Gatot Subroto, mantan orang nomor satu di kota kuda itu memilih tinggal di Bandung.

Menurut anak sulung Acep Purnama yang bernama, Dr Caecillia Purnama. Orang tuanya   meninggal pukul 11.44 WIB setelah Kamis  pagi mendadak kritis dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Immanuel.

Pada tulisan kali ini kuninganoke.com akan membahas singkat perjalan Acep Purnama menjadi Bupati Kuningan. Acep Purnama sendiri dilantik dua kali sebagai bupati.

Pertama pada tahun 2016 melanjutkan kepemimpinan Hj Utje Ch Suganda yang meninggal dunia pada saat bertugas pada bulan April 2016. Acep kala itu menjadi Wakil Bupati Kuningan.

Kemudian pelantikan Bupati yang kedua adalah pada tahun 2023. Kala itu suami dari Hj Ika berduet dengan putra bungsu H Aang Hamid Suganda dan Hj Utje (almarhum) yakni M Ridho Suganda. 

Pada Pilkada 2018 Acep mengalahkan pasangan Toto-Yosa dan Dudi-Udin. Putra bungsu H Aang menjadi wabup seolah melanjutkan trah Suganda menjadi pemimpin di Kuningan.

Acep Purnama yang lahir pada tanggal 2 Juni 1959 atau berusia 64 tahun. Pria yang merupakan keturunan Tionghoa itu terjun ke politik ketika bergabung dengan PDIP Perjuang Kuningan.

H Acep yang kala itu memutuskan mualaf dan menikahi Hj Ika terpilih sebagai anggota DPRD Kuningan Periode   2009-2014. Bahkan ia menjadi Ketua DPRD Kuningan. Namun, karena nyalon wakil maka ia berhenti dari jabatan anggota DPRD.

Meski dilantik dua menjadi Bupati Kuningan, namun Acep dianggap baru satu periode sehingga pada Pilkada 2024 bisa kembali maju. Dalam aturan meski memimpin Kuningan selama dua tahun 2016-2018, Acep tidak dihitung satu periode dan dianggap hanya melanjutkan.

Sebelum terjadi serangan jantung pada 23 April 2024, Acep yang sudah beres menjalankan tugas pada 4 Desember 2023 mengaku akan kembali maju dan siap dipasangkan dengan siapa saja.

Acep sendiri merupakan Ketua DPC PDIP Kuningan dan ketika dikabarkan akan maju para calon bupati di Kuningan masih sepi dan setelah suami dari Hj Ika itu dipastikan tidak akan maju karena kesehatan, maka bermunculan calon baru, termasuk Sekda Dian yang didorong untuk maju. 

Almarhum meninggalkan seorang istri Hj. Ika Siti rahmatika, SE, 6 orang anak (1 anak angkat) dan 4 orang cucu. Selain dikenal politis Ulung, Acep juga seorang pengusaha di bidang perhotelan dan perdagangan hasil bumi terutama cengkeh.

Untuk riwayat pendidikan Acep Purnama merupakan jebolan SI Fakultas Hukum Unpar Bandung. Lalu, S2 Hukum di Unswagati Cirebon. 

Acep sendiri menjadi bupati dari keturunan Tionghoa bukan suatu kebetulan. Tapi merupakan pengulangan karena leluhurnya merupakan raja pertama Kuningan yang merupakan anak angkat dari On Tien Nio  dan Sunan Gunungjati.(rdk)


Posting Komentar untuk "Dua Kali Dilantik Jadi Bupati Kuningan, Ini Riwayat Perjalanan Karir Politik Acep Purnama"