Loading...

27 Titik CCTV Dipasang di Kertayasa, Kades Arief: Bentuk Penguatan Smart Desa Digital

 

KUNINGAN (OKE)- Selama dua tahun di Desa Kertayasa Kecamatan Sindangagung  telah terpasang 27 titik CCTV (Closed-Circuit Television). CCTV ini  terpasang di  sepanjang desa . Hal ini  sebagai bentuk  penguatan smart desa digital dan tata kelola pemerintah desa.

Menurut Kades Kertayasa Arief Amarudin  27 titik rinciannya adalah  tahun 2021 diawali dengan pemasangan 8 titik  di area kantor desa. Lalu,  penambahan sejumlah 19 titik disepanjang desa Kertayasa, dilakukan pada tahun ini.

"Program ini bagian upaya tindakan preventif terhadap tindakan-tindakan yang tidak bertanggung jawab dan memberikan rasa aman bagi masyarakat," jelasnya, Selasa (19/3/2024).

Dikatakan, pengembangan selanjutnya, CCTV ini akan dilengkapi toa wireless terintegrasi ke aplikasi SIMAK (Sistem Informasi Masyarakat Kertayasa) berupa panik button atau tombol panik untuk meminta bantuan saat situasi emergency.

Lebih lanjut kata dia, program pengembangan dari aplikasi in  akan sangat memudahkan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkup pemerintahan terkecil, karena dapat difungsikan untuk kegiatan antara pemerintah dengan masyarakat desa.

"Pembiasaan digitalisasi yang sudah berjalan di pemerintah Desa Kertayasa diantaranya, monitoring dan index kepuasan masyarakat layanan dari desa, terintegrasi dalam satu data berbasis statistikm," ujarnya.

Selain itu juga, transaksi non-tunai, pengaduan terintegrasi, layanan ketertiban dan layanan administrasi kependudukan berbasis NIK dan sebagainya. Dengan adanya penambahan fasilitas ini akan memberikan manfaatkan kepada masyrakat. 

Sekadar informasi pembenahan yang dilakukan oleh yang pernah menjadi wartawan ini membuat perkembangan Kertayasa luar biasa. Hal ini sesuai dengan keinginan warga mempunya Kades inovatif dan visioner.(rdk) 

Posting Komentar untuk "27 Titik CCTV Dipasang di Kertayasa, Kades Arief: Bentuk Penguatan Smart Desa Digital"