Loading...

Hingga Dini Hari Pj Bupati Kuningan Tinjau Lokasi Banjir

 

KUNINGAN(OKE)-Pasca ada laporan banjir dari BPBD Kuningan Selasa (5/3/2024) malam, Pj Bupati Kuningan Iip Hidajat langsung bergegas ke TKP. Salah satu lokasi banjir yang didatangi adalah di Desa Benda Kecamatan Luragung.

Lokasi ini memang paling parah karena luapan air Cisanggarung membuat akses jalan ke desa tersebut tidak bisa dilintasi kendaraan. Luapan air setinggi orang dewasa dan aru air pun sangat deras.

"Pak Pj Bupati Kuningan sudah di lokasi dan langsung meninjau lokasi banjir di Desa Benda. Selain di Benda, banjir juga terjadi di Desa Kananga Kecamatan Cimahi dan Desa Datar Kecamatan Cidahu," ujar Kalak BPBD Kuningan Indra Bayu Permana, Selasa malam pukul 23.42 WIB.

Mengenai warga yang ada di bantaran sungai Cisanggarung kata dia, sudah dievakuasi ke masjid dan sekolah. Untuk ketinggian air relatif rendah  untuk di permukiman.

Sementara kerugian dan yang terdampak dari banjir ini belum didata secara lengkap karena petugas fokus terhadap penanganan awal. Hujan deras sendiri terjadi sejak pukul 3 sore.



Sekadar informasi Akibat hujan deras yang terjadi pada Selasa (5/3/2024) membuat dua desa di Kabupaten Kuningan terendam banjir. Insiden itu akibat meluapnya sungai Cisanggarung.

Berdasarkan laporan dari BPBD Kuningan banjir pertama terjadi di Desa Datar  Kecamatan Cidahu. Lalu Desa Benda Kecamatan Luragung dan terakhir Desa Kananga Kecamatan Cimahi.

"Yang banjir ada tiga desa. Rencananya Pak Pj Bupati akan meluncur ke Desa Benda Kecamatan Luragung," ujar Kalak BPBD Kuningan Indra Bayu Permana, Selasa malam.

Diterangkan, banjir di Desa Benda terjadi pada pukul   20.30 WIB. Adapun lokasinya adalah  Wilayah Dusun IV lumpuh, dimana  air setinggi pinggang orang dewasa. Penyebab utama meluapnya sungai Cisanggarung akibat curah hujan tinggi di Bagian Hulu ( Kuningan Kota )

"Upaya yang sudah dilakukan adalah mengamankan warga dan di tempatkan di lokasi aman. Untuk kabar terbaru adalah air masih tinggi, tidak ada indikasi air kecil," jelasnya.


Tidak jauh berbeda dengan di Desa Datar Kecamatan Cidahu, banjir terjadi pada malam hari setelah sungai Cisanggarung meluap. Sedangkan di Dusun Kliwon Desa Kananga juga terjadi banjir.

Selain dari BPBD, kuninganoke.com juga mendapatkan kiriman video dari warga Kananga dan Benda. Situasi semakin malam semakin parah sehingga warga terus berjaga.(rdk)

Posting Komentar untuk "Hingga Dini Hari Pj Bupati Kuningan Tinjau Lokasi Banjir"