Loading...

Sindangkempeng Sambut Ramadhan Dengan Pawai Obor Keliling Kampung

 

KUNINGAN (OKE)- Seperti ditempat lain, di Desa Sindangkempeng Kecamatan Pancalang digelar pawai obor untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Pawai obor digelar pada Minggu (10/3/2024) malam atau usai bada Isya.

Acara ini diinisiasi oleh Formis (Forum Remaja Mesjid ) Hidayatullah dan bekerja sama dengan karang taruna serta didukung oleh pihak DKM dan Pemdes. Adapun yang menggelar pawai adalah berbagai usai baik  anak SD, remaja SMP, SMA dan SMK   serta bapak dan ibu-ibu.

Sebelumnya Panitia dari Formis an diketuai pelaksananya oleh Muhamad Firza Algihifari bersama panitia yang lain menyiapkan obor yang nantinya dibagikan ke peserta yang mengikuti pawai obor. 

Meski dari siang hari sampai sore  diguyur hujan tapi tidak meleburkan semangat panitia dan animo masyarakat dan  pada maghrib hujan pun reda. Para peserta  berkumpul di balai desa. 

Perangkat Desa Sindangkempeng  Subadra mengaku bersyukur karena  dalam menyambut bulan suci Ramadhan ini  semua  dalam kegiatan pawai obor ini dan diiringi takbir serta iringan sholawat kepada Nabi SAW.  Hal itu membuat  semua saling peduli dan kompak serta semangat untuk menyambut bulan suci Ramadhan .

"Semoga kita  bisa melaksanakan ibadah puasa dengan lancar dan berkah.  Saya perwakilan dari pemerintahan mengucapkan minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin. 

Adapun jargon desa sindangkempeng yaitu Sabisa bisa kudu bisa, pasti bisa,” ucap pria bernama lengkap  Encu Subadra. itu.

Selanjutnya Ketua Pelaksana  Muhammad Firza Algihifari yang masih duduk dikelas 3 MTs Pembangunan Mandirancan  berharap  kegiatan pawai obor ini membuat semua  saling peduli, dan kompak terus serta menyambut bulan suci Ramadhan ini dengan penuh semangat untuk beribadah dan berbuat baik.

Setelah itu sambutan dari Ketua Formis Hidayatullah kakak Sholihatul Maula menyampaikan,  keluarga besar Formis  mengucapakan Marhaban ya Ramadhan, selamat menjalankan ibadah puasa 1445 H. Terimakasih banyak   kepada panitia pelaksana yang sudah bekerja dengan gigih dan bersama sama melaksanakan kegiatan ini. 

"Tentunya keberhasilan kegiatan ini tidak lepas dari dukungan masyarakat Desa Sindangkempeng, saya ucapakan terimakasih yang sebesar-besarnya,"  ujarnya 

Sementara Ketua Karang Taruna  Oki Hendri Awan Putra menyampaikan pihaknya  berharap dengan adanya kegiatan pawai obor ini dapat menambah kepedulian, kebersamaan, kekompakan dari seluruh elemen-elemen masyarakat khususnya di Desa Sindangkempeng.

Setelah semua sambutan para peserta dibagikan obor oleh panitia yang terbuat dari bambu dengan bahan bakar minyak tanah. Sebelum berangkat baca doa terlebih dahulu dipimpin oleh kak Firza selaku ketua pelaksana. 

Setelah doa bersama dilanjut untuk pelaksanaan pawai obor untuk rombongan pertama yaitu anak-anak Madrasah Banu Salih dan siswa SD, SMP, SMA atau SMK dan didampingi oleh orang tuanya dan para panitia.

Setelah itu rombongan kedua baru adik-adik perempuan beserta ibu-ibunya dan didampingi juga oleh panitia.

Saat rombongan berjalan panitia pun membawa sound dan mic untuk meramaikan kegiatan pawai obor ini dengan lantunan sholawat dan lagu islami.

Disela-sela rombongan ada atraksi dari panitia menyembur minyak ke obor dan membuat luapan api yang cukup menghebohkan dan membuat kegiatan ramai

Adapun rute pawai obor yang dimulai dari bala Desa Sindangkempeng lalu ke Dusun Kaputran,ke Dusun Sukmadilaya dan kembali ke depan bala desa kembali.  Kegiatan pawai obor ini sukses dan antusiasme masyarakat sangat tinggi.(rdk)

Posting Komentar untuk "Sindangkempeng Sambut Ramadhan Dengan Pawai Obor Keliling Kampung"