Loading...

Terobosan Baru Disdikbud Kuningan, Siapkan Muatan Lokal Tentang Gunung Tertinggi di Jabar untuk Siswa




UNINGAN (OKE)- Terobosan baru dilakukan oleh Disdikbud Kuningan, dimana akan memasukan materi muatan lokal tentang gunung Ciremai bagi siswa dari jenjang SD hingga SMA di lingkup Pemkab Kuningan.  

Gunung Ciremai sendir merupakan gunung tertinggi di Jabar. Hal ini bagian dari upaya meningkatkan kecintaan terhadap lingkungan dan pelestariannya bagi para peserta didik. Hal ini terungkap dalam rakor yang digelar Kamis (29/2/2024) di ruang Rapat Linggarjati.

Dalam hal penyusunan materi agar kompeherensif dan memuat unsur lengkap, pada rapat yang melibatkan segenap unsur akademisi, praktisi dan pemerhati lingkungan, mulai dari Dewan Kebudayaan, Lingkungan hidup, unsur perguruan tinggi, Kementerian Agama, aktifis pecinta lingkungan dan dari bidang kesehatan.

Disediakan jajak pendapat serta sumbang saran agar penyusunan materi dapat berkualitas, menarik dan mudah dipahami oleh Generasi muda.

Pj Bupati Kuningan, Iip Hidajat menilai bahwa Gunung Ciremai merupakan aset berharga bagi kabupaten kuningan. Ciremai tidak hanya memiliki keindahan alam yang luar biasa, tetapi juga memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekologi, ekonomi, dan budaya di wilayah Kuningan.

“Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk menjaga dan melestarikan gunung ciremai” tutur Iip.

Iip berpendapat bahwa dengan memasuki materi muatan lokal tentang Gunung Ciremai, generasi muda dapat memahami nilai-nilai penting gunung ciremai bagi kehidupan manusia dan lingkungan serta memiliki rasa cinta dan tanggung jawab untuk menjaga kelestariannya.

“Saya yakin, dengan kerjasama dan komitmen yang kuat dari semua pihak, penyusunan materi muatan lokal gunung ciremai ini akan dapat menghasilkan materi yang berkualitas dan bermanfaat bagi generasi muda di kabupaten kuningan”

Iip meminta agar materi Mulok tentang Gunung Ciremai sudah siap di masukan pada tahun ajaran baru 2024/2025. Untuk itu dirinya minta partisipasi aktif dalam penyusunan materi muatan lokal gunung ciremai.

“Sumbangkan ide, gagasan, dan pemikirannya untuk menghasilkan materi yang terbaik. saya yakin, dengan kerjasama dan komitmen yang kuat dari semua pihak, kita dapat mewujudkan generasi muda yang cinta dan peduli terhadap gunung ciremai," sebutnya.(rdk)

Posting Komentar untuk "Terobosan Baru Disdikbud Kuningan, Siapkan Muatan Lokal Tentang Gunung Tertinggi di Jabar untuk Siswa "