Loading...

Update Terbaru Ruas Jalan Nasional Cikijing-Kuningan, Ternyata Ada 4 Titik Longsor

KUNINGAN (OKE)- Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Indra Bayu Purnama melaporkan  laporan terkini ruas Jalan Nasional   Jalur Cipasung Kuningan - Cikijing Majalengka pada Jumat (8/3/ 2024) Pukul 10.43 WIB bahwa rusa jalan belum bisa dilewati kendaraan baik roda dua maupun roda empat. 

Dikatakan, untuk longsor titik 1 sudah bisa dilewati, longsor titik 2 jalan amblas bisa dilewati dengan hanya bisa digunakan sebagian jalan di titik jalan amblas. Sedangkan titik 3 dalam proses pembersihan material longsor dengan cara penyemprot dan pembersihan oleh BPBD Kuningan

 "Untuk Titik 4 dalam proses pembersihan alat berat.Proses bantuan oleh BPBD Kuningan ini sebagai respon permohonan bantuan dari BPBD Majalengka,: ujarnya.

Dikatakan, untuk itu para pengendara untuk bersabar karena semua pihaknya saat ini terus  berjuang agar jalan bisa dilewati. Sedangkan untuk pengendara masih menggunakan jalan alternatif. 

"Tergantung situasi. Karena tergantung cuaca juga. Walaupun akses jalan sudah terbuka belum tentu langsung bisa dilewati. Menunggu dari pihak berwenang," jawab Kalak ketika ditanya kapan jalan bisa dilewati.



Sebelumnya, Kabid Bina Marga Dinas PUTR Kuningan Tedy Sukmajayadi (Bisma) pada Rabu (6/3/2023) mengatakan, total longsor ada empat  dimana, pada Rabu sudah beres penangan. Sedangkan yang tiga belum.

Ia menunjukan hasil foto dari udara dimana ada empat titik yang diberi tanda ceklis, bulat dan tanda silang. Menurutnya,  tanda ✓ selesai, X masih penanganan alat berat, 0 bahu amblas perlu konstruksi TPT (proses konstruksi pasca bencana bisa 3 bulanan jadi nanti jalan buka tutup)

"Keputusan di buka fungsional nanti besok sore (Kamis).. Apakah memungkinkan tidak Jumat di buka... Soalnya masih ada potensi longsor susulan jika hujan deras laga," ujarnya.

Sekadar informasi, ruas jalan Cikijing-Kuningan longsor di blok Cipadung Kecamatan Cikijing. Dengan begini maka jalan dialihkan ke jalan alternatif yakni Cipulus. Sedangkan dari Kuningan ke arah Gunungsirah.

Sementara Satlantas Polres Kuningan mengeluarkan pengumuman terkait jalan alternatif bagi pengendara, dimana jalur Majalengka -Kuningan untuk kendaraan R4 dan R2  (kendaraan kecil) bisa menggunakan jalur Kuningan-Darma-Desa Parung -Desa Karanganyar-Desa Cipulus-Cikijing Majalengka .(PP).

Kemudian, untuk kendaraan besar seperti truk dan bus bisa melitas menggunakan jalan Cikijing-Majalengka-Sumber-Kuningan (PP). Situasi ini hingga beres jalan diperbaiki.



Posting Komentar untuk "Update Terbaru Ruas Jalan Nasional Cikijing-Kuningan, Ternyata Ada 4 Titik Longsor"