Loading...

Bupati Resmikan Tugu Sajati dan Pengoperasian Jalan Lingkar Timur Kuningan Untuk Arus Mudik

 

KUNINGAN (OKE)-  Bupati Kuningan H Acep Purnama meresmikan Tugu Sajati yang ada di pintu masuk Jalan Lingkar Kuningan Timur dari arah Ancaran, pada Kamis (7/4/2022) pagi. 

Hadir pihak Kepala Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional  DKI  Jakarta dan Jawa Barat Wilan Oktavian sert juga Satker Dedi. Hadirnya juga Kadis PUTR Kuningan HM Ridwan Setiawan MSi dan Kabid  Bina Marga Tedy Sukmajayadi.

Kemudian Camat Kuningan Didin Bahrudin dan Camat Japara Iman Firmansyah, Kalak BPBD Kuningan Indra Bayu Permana dan para pejabat lainnya.

Sebelum peresmian digelar dulu podcast yang menghadirkan bupati dengan kepala  balai dan satker terkait Jalan Lingkar Timur Kuningan.

“Bismillah hari ini kita resmikan Tugu Sajati sekaligus pengoperasian Jalan Lingkar Timur  Kuningan,” ujar Bupati Kuningan H Acep Purnama.

Sajati adalah Santana, Basajan dan Santika merupakan gambarana  sikap warga Kuningan. Di Kabupaten Kuningan sendiri ada tiga tugu Sajati yakni , di Kantor BKPSDM,  Disporapar dan yang terbesar di Jalan Lingkar.  

Mengenai pengoperasian Jalan Lingkar  Timur Kuningan kata bupati, untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik. Karena sudah 2 tahun tidak ada mudik, maka dipastikan tahun ini akan membludak.

“Dengan adanya  jalan lingkar bisa mengurai kemacetan sehingga arus mudik berjalan lancar,” ucap suami dari Hj Ika Acep Purnama itu.

Terkait peresmian lanjut bupati, itu menjadi ranah kementrian, Pemda Kuningan fokus pengoperasian dan pihaknya juga akan mengatur  jangan sampai di sepanjang  jalan lingkar penuh dengan bangunan.

“Kalau ada yang ingin mendirikan bangunan harus tempuh izin dan tentu batas dari sepadan jalan adalah 22 meter. Sedangkan yang sekarang ada bangun semi permanen akan segera ditertibkan,” ujar bupati yang menyebutkan jarak dari Ancaran ke Sampora adalah 16,7 Km.

Terpisah, Kadis PUTR Kuningan HM Ridwan Setiawan menyebutkan, jalan lingkar yang sekarang sudah diguanakan  masih akan ada penyempurnaan, seperti pengerukan tebing sepanjang 17 meter dan akan dilakukan tahun ini.

“Akan ada penambahab gardir, pengaman jalan, PJU dan lampu lalu lintas. Intinya pengerjaan belum beres. Nanti kalau sudah beres sepenuhnya akan diresmikan oleh Pak Menteri,” ujarnya.

Terkait ada kerusakan jalan dari Tugu Ikan Sampora hingga Garatengah akan dilakukan perbaikan dan satu pekan sebelum lebaran semua jalan yang rusak sudah mulus.

“Kami sudah mempersiapkan 600 ton hotmik untuk pengaspalan di empat wilayah Kuningan,” ujar mantan Sekwan itu. (dhn/rdk)


Posting Komentar untuk " Bupati Resmikan Tugu Sajati dan Pengoperasian Jalan Lingkar Timur Kuningan Untuk Arus Mudik"