Loading...

Di Medan, Bupati Raih Penghargaan Kedua Untuk Tahun 2023

KUNINGAN (OKE)- Satu lagi pengharagaan diraih oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama di tahun 2023. Penghargaan  itu diterima oleh orang nomor satu pada puncak Peringatan Hari Pers Nasional di Gedung Serbaguna Pemprov Sumut Jalan Wiliem Iskandar, Deli Serdang Sumatera Utara ,Kamis (9/2/2023).

Bupati menerima tropi Abykata Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (AK-PWI). Ia tidak sendiri menerima penghargaan itu tapi bersama 8 bupati dan wali kota se-Indonesia.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh secara langsung oleh Ketua PWI Pusat Atal S Depari. Tampak menyekasikan Presiden Joko Widodo dan juga para pejabat lainnya.Tidak lupa ribuan pers dari seluruh Indonesia yang ikut hadir.

Bagi Bupati Acep sendiri ini penghargaan kedua selama 2023, dimana sebelumnya menerima penghargaan Lencana Ekonomi Desa, ketegori Kepala Daerah Pembina BUMDes Terbak Tingkat Nasional.

Ketua PWI Pusat Atal S Depari mengatakan, Anugerah Kebudayaan tujuaannya memberikan apresiasi kepada bupati da wali kota yang dinilai sukses dalam menginovasi mata rantai pangan, sandang, dan papan berbasis kebudyaan (kearifan lokal).

Selain itu juga juga informasi global, menuju pangan berswasembada, sandang yang berpribadian, serta papan yang selaea denga alam dan lingkungan.

Dikatakan, sebelum menerima pengehargaan Bupati Acep bersama 9 bupati/wali kota mengikuti seleksi oleh juri yang kompenten di bidanh pers dan kebudayaan di Kantor PWI Pusat bulan Desember 2022.

Kemudian, mengikuti dialog kebudayaan menjelang puncak HPN pada Selasa 7 Februari 2023 di Kota Medan. Adapun ke sembilan penerima adalah Bupati Sleman DI Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo, Wali Kota Surabaya Jatim  Eri Cahyadi.

Selanjutnya, Wali Kota Medan Sumut Bobby Nasution, Bupati Malang Jatim Muhammad Sanusi, Bupati Pesawaran Lampung Dendi Ramadhona, Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan, Bupati Agam Sumbar Wandri Warman, Bupati Serdang Bedagi Sumut Darma Wijaya, dan terakhir Bupati Halamhera Selatan Maluku Utara Usman Sidiq.

Bupati usai menerima penghargaan menjelaskan, kaian budaya dengan ketahanan pangan. Budaya adalah sesuatu yang merupakan tradisi dan turun menurun, mua tidak mau harus dipertahankan.

"Jati ulah kasilih ku junti (yang asli jangan sampai tergeser dengan baru dan pendatang), karena disekililing kita ada memiliki, ada yang harus dihormati, dan ada yang harus dijaga," jelasnya.

Sementara itu, untuk Kuningan sendiri ekspos budaya yang disampaikan adalah Ngarumat Budaya Kuningan,Ngariksa Alam, Mapag Swasembada Pangan.

"Jika sudah mempertahankan kebudayaan (kearifan lokal), maka akan tumbulah rasa kemandirian, rasa hormat kepada orang tua, rasa sayang kepada lingkungan sekitar, termasuk merawat, menjaga dan melesetarikan daerahnya sendri," ujar bupati.

Diterangkan, potensi, potensi dan kekayaan alam yang dimiliki Kuningan itulah perlu lestarikan, berawal dari kecintaan dan membangunan desa, maka akan lahir sebuah komitmen cinta kepada daerah sendiri. 

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya pada HPN 2023 yang mengusung tema “Pers Bebas Demokrasi Bermartabat” menyampaikan, atas nama rakyat, atas nama pemerintah saya menyampaikan selamat Hari Pers kepada seluruh insan pers Indonesia di manapun Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara berada.

Lebih lanjut, Presiden juga menyampaikan apresiasi atas kontribusi pers nasional kepada bangsa dan negara. Presiden terima kasih kepada pers nasional atas kontribusinya kepada bangsa dan negara. 

"Sejak awal awak media berkontribusi besar dalam menyuarakan ajakan perjuangan kemerdekaan, menyuarakan inovasi-inovasi pembangunan, dan menjadi penopang utama demokratisasi.  

Turut serta mendampingi Bupati Kuningan pada acara Puncak HPN 2023, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan Dr. Wahyu Hidayah, M.Si., Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan Drs. H. Ahmad Juber, M. Si, 

Selain itu juga Kabid Informasi dan Komunikasi Publik  Anwar Nasihin, S.Kom, M.Si, Sub Koordinator Analisis Informasi Neni Betty Roslindawati,   S.Kom. M.Si, Kabid Pengolahan Hasil dan Konsumsi Pangan Sopyan Pamungkas, S.Hut, M.Si.

Selanjutnya  Kasi Ketahanan Pangan dan Pertanian Ucen, SE,  Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Siti Rachmatika, SE, Ketua PWI Kabupaten Kuningan Nunung Khazanah serta jajaran Pemkab Kuningan lainya(dhn/rdk)

Posting Komentar untuk "Di Medan, Bupati Raih Penghargaan Kedua Untuk Tahun 2023"