Loading...

Kerap Meresahkan, Perangkat Desa Jebak Kera Liar di Aula dan Langsung Lapor Damkar

 

KUNINGAN (OKE)- Serangan kera liar ke permukiman, sarana pendidikan hingga ke kantor desa kerap terjadi. Tentu hal ini meresahkan dan selama ini warga meminta bantuan pihak Damkar Kuningan mengusirnya.

Ada yang berhasil dievakuasi, tidak sedikit yang nihil karena kera keburu kabur. Pada Selasa (14/2/2023) pagi  serangan kera liar kembali terjadi di Rt. 001 Rw. 003 blok Puhun Desa /Kecamatan Pancalang, tepatnya di area kantor desa.

Melihat kera tersebut Usdiman (61) menggiring kera tersebut masuk ke aula dan strategi ini berhasil. Kera terjebak di dalam dan langsung di kunci dari luar. Melihat kera terkunci Kasi Pem Desa Pancalang Kusman langsung melapor ke Damkar.

Damkar sendiri mengirim 3 petugas dan butuh waktu 15 menit untuk mengevakuasi atau dari pukul 09.15-09.30 WIB. Para perangkat desa pun sangat lega dengan kera berhasil di evakuasi karena mereka resah.

Menurut Kepala UPT Damkar Kuningan Khadafi Mufti, keberadaan kera itu karena terpisah dari kloni dan nyasar ke permukiman. Pasca ditangkap akan dibawa ke Damkar dan akan dilepasliarkan ke habittnya dalam waktu 3 hari ke depan.

"Apabila melihat atau menemukan kera di pemukiman, warga jangan memberikan makan, lakukan pengusiran," ujar Khadafi. (dhn/rdk)


Posting Komentar untuk "Kerap Meresahkan, Perangkat Desa Jebak Kera Liar di Aula dan Langsung Lapor Damkar"