Loading...

Tanjungsari, Sate Legendaris di Kuningan, Dagingnya Empuk, Bumbunya Kental



KUNINGAN (OKE)- Salah satu sate legendaris di Kuningan yang hingga kini bertahan adalah Sate Tanjungsari yang lokasinya berada di Jalan Pramuka atau dekat Ponpes H Koko Kelurahan Purwawinangun Kecamatan Kuningan.

Kenapa disebut legendaris karena sate ini hadir sudah puluhan tahun dan sate pertama khas Kuningan. Sate Tanjungsari diperkenalkan oleh Abdul atau Pak Dul yang merupakan Kepala Desa Pertama Purwawinangun yang tinggal di Gang Jembar Jalan Pramuka.

Kini, usahanya dilanjutkan oleh Teh Ade salah satu anaknya.  Meski tidak setenar Sate Beber atau Sate Ciroke ( Mang Meod), tapi dikalangan pencinta sate, Tanjungsari merupakan sate terbaik di Kuningan. 

Pemilihan daging kambing ditambah dengan bumbunya yang kental membuat sate ini selalu di hati pencintanya termasuk kuninganoke.com yang menjadi pelanggan sejak pertama kali ke kuningan tahun 1999.

Kini harga Rp4.500/tusuk, dengan daging empuk, bumbu kental rasanya harga sangat sebanding dengan kenikmatan yang akan dirasakan.

Para pelanggannya tidak akan berpaling ke sate lain karena memang memiliki  bumbu rahasia. 

"Sekarang saya jualan orentasinya bukan ke rupiah tapi manjaga warisan  bapak. Anak-anaknya yang lain tidak mau," ujar Teh Ade kepada kuninganoke.com, belum lama ini.  

Dengan begitu Teh Ade mengaku, berjualan tidak terlalu diporsir, dan tidak ditarget mencari omset lebih besar. 

Ia sendiri beberapa kali disuruh berhenti oleh anak-anaknya terutama yang ada di Australia.

"Anak-anak selalu berbicara mamah nyari apa? Kan  materi selalu diberi anak, tapi saya merasa sayang usaha ini dilepas begitu saja, kecuali saya sudah tidak ada, di rumah pun saya mau apa karena kan sekarang single  parent dengan anaknya sudah mandiri," jelasnya lagi.

Teh Ade mengaku, selama diberikan kesehatan akan terus berjualan karena banyak pelanggan dari jaman ayahnya yang masih bertahan terutama anaknya-anaknya dan juga pelanggan baru.

"Meski tidak banyak tapi pelanggan baru selalu ada dan rata-rata mereka mengaku puas," ujarnya lagi.

Bagi yang penasaran dengan sate legendaris yang rasanya dijamin "nusuk" silahkan datang ke Jalan Pramuka dan lokasinya di pinggir jalan setelah SMPN 3 Kuningan. (dhn/rdk)

   

Posting Komentar untuk "Tanjungsari, Sate Legendaris di Kuningan, Dagingnya Empuk, Bumbunya Kental "