Loading...

Dibangun Zaman Acep Purnama, Pasar Darma Diresmikan Pj Bupati Kuningan

KUNINGAN (OKE)-Setelah proses cukup panjang akhirnya Pasar Rakyat Darma Desa/Kecamatan Darma pada Selasa (6/2/2024) pagi diresmikan oleh Pj Bupati Kuningan Dr Raden Iip Hidajat.

Pembangunan pasar ini dilakukan pada tahun 2023 pada saat Acep Purnama menjadi Bupati Kuningan dan juga Kadiskopdagperin dijabat U Kusmana MSi. Pasa Darma  terletak di jalan Veteran  di direvitalisasi dengan dana tugas pembantuan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia tahun anggaran 2023 .

Total  kios yang dibangun ada 89 unit dan jumlah Los 150 unit serta dibangun fasilitas umum berupa ruang laktasi dan kantor pengelola. Pasar ini dibangun dua lantai.

Kadiskopdagperin Trisman Supriatna MPd, bagi pemerintah daerah pasar rakyat memiliki peran dan fungsi ganda selain sebagai penggerak perekonomian rakyat, pasar juga memiliki wadah interaksi sosial dan budaya masyarakat di daerah. 

"Oleh karena itu pembangunan dan peremajaan pasar-pasar rakyat selalu mendapat perhatian lebih dari pemerintah Kabupaten Kuningan," ujarnya,

Pihaknya berharap manfaat revitalisasi pasar rakyat ini tidak hanya meningkatkan daya saing pasar namun juga dapat meningkatkan kesejahteraan para pedagang melalui peningkatan omset.

Lalu, kemudahan akses dan transaksi jual beli yang nyaman. Mendukung dan mendorong kelancaran distribusi logistik kebutuhan masyarakat.

Sementara itu, Pj bupati  menyebutkan bahwa Pasar Rakyat Desa Darma ini dibangun dengan anggaran Pemerintah Pusat diberikan kepada Pemda dan ditujukan kepada Desa Darma untuk revitalisasi pasar rakyat, dengan tambahan dari anggaran Desa Darma sendiri.

“Pasar rakyat ini hasil dari kolaborasi antar pemerintah yang bekerja sama sebagai penyedia fasilitas serta pelaku pasar itu sendiri untuk menciptakan pasar rakyat menjadi tempat transaksi yang bersih, nyaman dan aman," ujarnya.

Menurutnya, keberadaan pasar khususnya pasar tradisional merupakan salah satu indikator paling nyata kegiatan ekonomi masyarakat di suatu wilayah. 

Dengan masih hidupnya pasar tradisional ini dapat memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi di daerah dekat pasar.

Iip menitip tiga hal untuk para pedagang, yang pertama masalah kebersihan, kedua masalah kenyamanan, dan yang ketiga masalah harga. 

"Jaga dan rawat kebersihannya agar tercipta kenyamanan, usahakan menjual barang kebutuhan di pasar rakyat ini yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Jadikan pasar rakyat darma menjadi wadah transaksi yang sehat," ujarnya.


Mantan Kepala  Kesbangpol Jabar itu, mendorong pasar rakyat Desa Darma para pedagangnya bisa mempergunakan transaksi digital (cashless) yaitu dengan pembayaran system qris. Hal ini untuk merespon dan beradaptasi dengan tantangan jaman yang serba digital. 

"Transaksi ini bisa menjadi percontohan untuk pasar-pasar yang lain."

Acara dilanjut dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita yang disaksikan oleh para undangan. Turut hadir pula Forkopimcam Darma, Kepala Desa Darma beserta jajaran perangkat Desa, Ketua BPD Desa Darma beserta jajaran, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pedagang pasar rakyat Desa Darma, dan undangan lainnya.

Selain Pj Bupai juga hadir  Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kuningan, H. Deden Kurniawan Sopandi, dan  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dr. H. M. Budi Alimudin. (rdk)

Posting Komentar untuk "Dibangun Zaman Acep Purnama, Pasar Darma Diresmikan Pj Bupati Kuningan"