Loading...

Insiden Longsor Terjadi di Citangtu dan Taraju, Rumah Warga Dibongkar, TPT Irigasi Rusak dan Kolam Ikan Tertutup

KUNINGAN (OKE)- Bencana longsor di Kabupaten Kuningan terus terjadi karena hujan deras terus mengguyur kota kuda nyaris tiap hari. Berdasarkan data yang masuk ke BPBD Kuningan ada dua kejadian yang terjadi pada Sabtu (10/2/2024). 

Menurut Kalak BPBD Kuningan Indra Bayu Permana lokasi longsor pertama terjadi di  Lingkungan Tarikolot RT.027 RW.006 Kelurahan Citangtu Kecamatan Kuningan pada pukul 17.30 WIB. Dalam insiden ini  TPT Rumah milik Ibu Titi (55), yang dihuni 1 KK, 2 Jiwa longsor menimpa dinding bagian samping rumah milik  Kemon (55), 1 KK 4 Jiwa.

"TPT Rumah Milik Ibu Titi dengan ukuran P= 15 m x T= 5,5 m x L= 30 cm longsor. Longsor terjadi karena hujan dengan intensitas lebat dari pukul 15.00-18.00 WIB. Selain itu kurangnya saluran drainse/pembuangan.

Mengenai upaya yang sudah dilakukan kata Indra adalah aparat Kelurahan dan Masyarakat melakukan pembersihan material TPT, membongkar bangunan rumah milik Ibu Titi dapur dan kamar mandi yang berpotensi longsor dan ambruk. Lalu, penebangan pohon yang berpotensi tumbang

Kemudian insiden longsor berikutnya terjadi  pada Sabtu (14/2024) di Blok Pahing RT.001 RW.001

Desa Taraju Kecamatan Sindangagung, dimana   TPT belakang rumah (kandang ayam) milik  Bapak Suja (70 th, 1 KK 5 jiwa) longsor ukuran P= 7 m, L= 5 m, T= 7 m. Longsoran tanah  menutup saluran irigasi pertanian dan sebagian kolam ikan Bpk. Juhari (57 th).

Dampak dari insiden itu juga  mengakibatkan TPT irigasi retak-retak dan terkikis serta  bagian dapur rumah (7 m x 4 m) terancam terbawa longsoran. Sedangkan Pengerjaan pembersihan material longsoran, pembuatan jalur air selesai dilaksanakan.

" Tebing/TPT masih berpotensi mengalami longsor susulan. Saluran irigasi sudah kembali mengalir normal.  Langkah lanjutan dikoordinasikan dengan pihak desa dan pihak terkait lainnya," ujar pria yang dipanggil IB itu Minggu (11/2/2024).(rdk)

 

Posting Komentar untuk " Insiden Longsor Terjadi di Citangtu dan Taraju, Rumah Warga Dibongkar, TPT Irigasi Rusak dan Kolam Ikan Tertutup"