Loading...

Pj Bupati Kuningan dan Kepala Sekretariat Bawaslu Jabar Pantau Penertiban APK

KUNINGAN (OKE)- Memasuki masa tenang Pemilu yang berlangsung dari tanggal 11-13 Februari, Pj Bupati Kuningan Rd Iip Hidajat dan  Kepala Sekretariat Bawaslu Jabar Eliazar Barus, Minggu (11/2/2024)  melakukan monitoring penertiban Alat Peraga Kampanye (APK)

Pj Bupati dan Kepala Sekretariat Bawaslu didampingi oleh Kasatpol PP Kuningan Agus Basuki,Ketua Bawaslu Kuningan Firman. Lalu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kuningan serta perwakilan dari Kesbangpol Kuningan.

Penyisiran pertama dilakukan di sepanjang Jalan Siliwangi, lalu ke Jalan Nasional hingga ke pertokoan Cilimus. Pj Bupati sendiri menyebutkan, pihaknya sangat mendukung kepada Bawaslu untuk melakukan penertiban APK sesuai dengan aturan.

"Kami menemani dari Bawaslu Jabar untuk melakukan monitoring penertiban APK. Kami mendukung dan berharap bukan hanya Satpol PP yang terlibat tapi juga Dishub dan Damkar karena mempunyai alat untuk menjangkau APK yang posisi ada di atas," tandasnya. 

Diterangkan, karena APK yang ditertibkan ini lokasinya beragam, tentu harus melibatkan pihak terkait yang ahli. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada kesempatan itu,Iip meminta kepada petugas Bawaslu dan KPU agar bisa menjaga kesehatan sehingga pada pelaksanaan badan bisa fit karena tugas yang dihadapi cukup berat sebagai penyelenggara pemungutan dan perhitungan suara.

Sementara Ketua Bawaslu Kuningan Firman, penertiban APK sesuai dengan surat edaran Bawaslu RI dalam hal memasuki tenang yang berlangsung selama tiga hari. Pihaknya, dalam penertiban melibatkan anggota Bawaslu mulai dari Panwascam, PKD dan PTPS serta juga bantuan dari Pemkab Kuningan yakni Satpol PP dan Dishub.

Terpisah, Dadan Yuardan Firdaus (Kordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa) Bawaslu Kuningan mengatakan, penertiban APK hari pertama terkendala oleh cuaca. Para petugas terutama yang ada di kecamatan sangat semangat.

"Yang kecil-kecil mah sudah disisir, tinggal yang besar. Hari ini hujan deras sehingga sangat menggangu dan kasihan banyak petugas yang harus kehujanan," ujar Dadan.

Sebelumnya Pj Bupati dan rombongan memantau tempat distribusi alat kelengkapan Pemilu di Desa Bojong, Kecamatan Cilimus. Di sana terpantau bilik suara dan alat kelengkapan lainnya tersimpan rapih di Posbindu untuk dibagikan ke 18 TPS di desa tersebut.(rdk)

Posting Komentar untuk "Pj Bupati Kuningan dan Kepala Sekretariat Bawaslu Jabar Pantau Penertiban APK"