Loading...

Ada Gerai Mikro Z-Ifthar Ramadhan di Pelataran Masjid Agung Karomat


KUNNGAN (OKE)- Program tahunan Baznas Kuningan dibulan Ramdhan kembali digelar. Program itu bernama  Gerai Mikro Z-Ifthar Ramadhan 1445 Hijriah. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Penjabat Bupati Kuningan, Dr. Drs. H. Raden Iip Hidajat, Mpd di pelataran Masjid Agung Karomat, Desa Lengkong Kecamatan Garawangi, Jumat  (15/3/2024) sore.

Gerai Mikro Z-Ifthar merupakan program untuk memberi bantuan kepada para mustahik (golongan penerima zakat) yang diberi modal untuk membuka usaha dalam menjajakan dagangannya pada waktu berbuka puasa. Program ini akan berjalan selama 20 hari, atau hingga H-5 Idul Fitri 1445 Hijriyah.

Menurut Ketua Baznas Kuningan, Drs H Yayan Sofyan Gerai Z-Ifthar merupakan program yang diinisiasi oleh Baznas  Microfinance Republik Indonesia sebagai bagian dari upaya untuk pengembangan usaha mustahik (golongan penerima zakat) untuk menangkap peluang ekonomi Ramadhan.

Lebih lanjut, dilaksanakan dalam bentuk pembiayaan sarana pemasaran kepada suatu komunitas mustahik di suatu lokasi sehingga mereka dapat terbantu dalam menjalankan usahanya selama Ramadhan. 

"Kita harapkan melalui program ini pada mustahik nantinya dapat menjadi Muzadi, yaitu orang-orang yang membayar zakat,” tambahnya.

Adapun dilaksanakan di pelataran Masjid, menurut Sofyan adalah karena masjid bisa dianggap sebagai pusat pengembangan ekonomi. Sebagaimana di zaman Rasul, bahwa Masjid menjadi tempat berpusatnya ekonomi berbasis syariah.

Z-Ifthar ini dilaksanakan di 20 lokasi se-Indonesia, dengan melibatkan 600 pelaku usaha. Di Kuningan sendiri turut serta sebanyak 30 pelaku UMKM yang berjualan di sekitar Masjid menjelang berbuka dalam gerakan pengembangan ekonomi ummat.

Dalam sambutannya, Iip Hidajat mengapresiasi program yang digulirkan oleh Baznas ini dan berharap para pedagang dapat meraih manfaat dengan menjual beragam jenis penganan khas Ramadhan.

“Alhamdulilah dilaksanakan bukan di pusat kota dengan harapan agar simpul-simpul ekonomi dapat menyebar ke berbagai pelosok,” sebutnya.

Iip  menyebutkan agar program ini dapat dipertahankan sehingga dapat mendongkrak pendapatan para Mustahik.

“Semoga ditahun depan program serupa digulirkan dengan memilih daerah lainnya” Ujar Iip.

Selepas dibuka secara resmi, Iip Hidajat membeli beberapa produk pelaku UMKM hasil binaan Baznas Kuningan. Nampak Iip membeli rengginang dan rempeyek untuk takjil berbuka puasa.(rdk) 

Posting Komentar untuk "Ada Gerai Mikro Z-Ifthar Ramadhan di Pelataran Masjid Agung Karomat "