Loading...

Pemkab Kuningan Kembali Raih Penghargaan Nasional


KUNINGAN (OKE)- Untuk kesekian kalinya Pemkab Kuningan meraih penghargaan tingkat nasional. Yang terbaru adalah meraih sertifikat Adipura pada gelaran Penghargaan Piala Adipura tahun 2023.

Penghargaan itu diberikan oleh Kementrian Lingkungan  Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia  pada Selasa (5/3/2024).  Pj Bupati Kuningan Iip Hidajat menerima penghargaan tersebut.

Sertifikat ini merupakan bukti penghargaan karena Kabupten Kuningan dinilai berprestasi atas kinerja pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau wilayah kota. Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. KH Ma’ruf Amin.

Ia  yang didampingi oleh Menteri Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc bersama seluruh jajaran pejabat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Penyerahan penghargaan piala Adipura 2023 bertempat di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Warnabakti, Gatot Subroto-Jakarta Pusat.

Selain Kabupaten Kuningan, Kementeri Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga memberikan sertifikat Adipura pada 50 Kabupaten/Kota lainnya karena memiliki upaya atas kinerja pengelolaan sampah dari sumbernya. 

Pada kesempatan yang sama, juga diberikan beberapa jenis penghargaan Adipura dengan total 106 Kabupaten/Kota penerima penghargaan Adipura pada tahun 2023.

Menteri LHK, Siti Nurbaya menjelaskan bahwa hasil Adipura 2023 mengalami kemajuan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, dengan terjadi peningkatan jumlah daerah yang menerima Anugerah Adipura sebesar 32,5 persen.

“Pada Adipura Tahun 2023 telah dilaksanakan pemantauan lapangan terhadap 259 kabupaten/kota se-Indonesia atau kira-kira 50,39 persen dari 514 kabupaten/kota di Indonesia,” Ujar Siti. “106 Kabupaten/Kota dianataranya yang menerima berbagai jenis penghargaan Adipura”

Selanjutnya Wakil Presiden Republik Indonesia mengucapkan selamat kepada Bupati/Walikota yang menerima penghargaan tahunan untuk kepedulian terhadap lingkungan di daerahnya.

“Saya ucapkan selamat kepada para Kepala Daerah penerima Penghargaan Adipura Tahun 2023. Penghargaan ini saya kira menjadi representasi kesungguhan dalam mengatasi persoalan lingkungan pada umumnya, juga persoalan sampah dan ruang terbuka hijau pada khususnya,” kata Ma’ruf Amin.

Ma’ruf berharap Penghargaan Adipura memicu semangat mengatasi persoalan sampah di masing-masing wilayah. Dia juga berharap kota dan kabupaten di Indonesia mampu bersaing secara global.

“Tentu ke depan saya harapkan program ini dapat terus diperkaya dengan ragam inovasi, sehingga mampu menyesuaikan dengan dinamika zaman serta perubahan arah kebijakan,” ujarnya.

Ma’ruf juga berharap agar esensi Adipura tetap terjaga. Dia mengajak pemerintah daerah bekerja sama dengan masyarakat dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Ditemui di tempat terpisah, Pj Bupati Kuningan yang didampingi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup menuturkan bahwa sertifikat Adipura ini merupakan buah hasil atas kerja keras, kolaborasi dan sinergitas yang telah dilakukan oleh para petugas kebersihan, masyarakat, komunitas dan berbagai gerakan kebersihan yang ada di Kabupaten Kuningan.

“Terimakasih saya ucapkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan, bersama para petugas kebersihan, komunitas dan juga Dinas Lingkungan Hidup karena telah menjaga kebersihan dilingkungan sekitar rumah dan area-area terbuka umum," ujarnya.

Selian itu terima kasih juga kepada  kepada segenap perangkat Desa atas pengelolaan sampah yang dilakukan. Kita pacu, agar raihan ini menjadi motivasi bagi kita untuk bekerja lebih semangat lagi menciptakan Kuningan yang semakin asri dan bersih,”  ujar Iip

Iip berharap di tahun mendatang Kabupaten Kuningan tidak saja meraih sertifikat Adipura, tetapi Piala Adipura kencana  yang merupakan penghargaan tertinggi Adipura.(rdk)

Posting Komentar untuk "Pemkab Kuningan Kembali Raih Penghargaan Nasional"